Monday, February 23, 2015

Tentang Rumah Baca Lentera Qalbu


Menuju Indonesia membaca adalah salah satu dari Misi Rumah Baca Lentera Qalbu. Gagasan yang diberikan oleh Anie Ramadhani, salah satu TKW Indonesia yang berada di Hong Kong saat ini, setidaknya telah berkembang di beberapa daerah di Indonesia dan salah satunya berada di tempat tinggalku, yang terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Aku sungguh tertarik dengan gagasan Mbak Anie ini yang mengharapkan generasi muda di Indonesia bisa gemar membaca. Tak hanya itu saja, suatu saat nanti, sekembalinya pulang ke tanah air, aku mampu mengembangkan minat baca serta mengajari mereka bahwa dengan membaca kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Rumah Baca Lentera Qalbu ini resmi aku buka bulan November 2014 lalu. Berbekal buku bacaan seadanya(hasil dari arisan buku yang dipromotori oleh Mbak Anie) alhamdullilah di tahun ini sudah semakin bertambah saja koleksi buku yang ada di rumahku. Semuanya terdiri dari seratus buku bacaan anak-anak dan dua puluh novel remaja.

Tak banyak program yang diadakan di rumah kecil ini, selain membantu calon generasi muda khususnya anak-anak untuk lebih gemar membaca. Biasanya kami (Mamak dan Adik) akan mengumpulkan beberapa anak di hari Minggu untuk menikmati koleksi bacaan yang kami punya. Diharapkan juga dengan program ini orang tua di rumah mendukung putra-putrinya untuk gemar membaca.





Mereka yang sedang asik membaca buku cerita 



Beberapa sumbangan buku dari teman-teman atau giveaway pun sering kami terima. Seperti dari Laksana Kids (Jogja), Aditya NW (Jakarta), Hardy Zhu (Makasar) dan Yoyok DS (Tulungagung). 

Kepengurusan saat ini, aku serahkan pada adikku Rio Suherman. Dikarenakan saat ini aku masih merantau di Hongkong. Berharap dengan tulisan ini, para donatur lain bisa menyumbangkan beberapa bukunya untuk disalurkan ke tempat kami.

Berikut alamat lengkap Rumah Baca Lentera Qalbu Cabang Tulungagung

Rumah Baca Lentera Qalbu (Imam Servise Elektronik)
Ds. Loderesan Rt.2/Rw.4
Kec. Kedungwaru 
Kab. Tulungagung 
Jawa Timur
66251

Rio Suherman  0812-5931-8344


2 comments:

Featured Post

Salat Idulfitri Di Hong Kong 1440H