Tsuen Wan - Lautan Manusia Di Negeri Bahuinia

Tsuen Wan - Minggu adalah hari yang paling dinanti bagi para Buruh Migran, baik dari Indonesia maupun Filipina yang notabene sebagai pengiri...

Tsuen Wan - Minggu adalah hari yang paling dinanti bagi para Buruh Migran, baik dari Indonesia maupun Filipina yang notabene sebagai pengirim tenaga kerja terbesar  di negeri Beton, Hongkong. Setiap minggu di bawah jembatan layang Tsuen Wan ini pasti ramai sekali dengan kegiatan mengirim barang ke negeri asal mereka. Area ini paling banyak dihuni oleh mereka Ate-Ate dari Filipina. Aku sering melintasi area ini setiap harinya. Ya, kegiatan mengantar nenek ke kuil selalu melewati jalur ini. Sebenarnya ada jalur lain, tapi entah kenapa terkadang nenek lebih memilih jalan yang jangkauannya relatif lama. 

Suasana riuh pun juga terasa di sini. Sejak pukul 7:00 waktu Hong Kong jalanan ini sudah mulai ramai dikunjungi para buruh migran. Selain untuk antri paket barang, mereka juga suka menggelar acara di sekitaran tempat itu. Biasanya acara gereja gitu.

Barang yang dikirim pun terkadang juga sangat menggelitik pikiranku. Kebanyakan Ate-ate  Philipina lebih memilih peralatan yang notabene bisa dibeli di warung, supermarket yang ada di negara sana. Bayangkan saja, pasta gigi, sabun mandi, sikat gigi dan sabun cuci pun dikirimnya dari sini. Lucu. Aneh. Menurut pikiranku sih. hahaha

Aku pun sudah 6x kirim barang dari sini. Tapi, tentunya yang bermanfaat, sayang krus dolarnya lagi naik. Kalian bisa lihat suasana di jalanan ini. Full manusia dan kardus. 





Foto di atas aku ambil pas waktu jalan mau ke kuil. Pengiriman barang ini biasa buka pukul 8:00-15:00 waktu Hongkong. Jadi jangan kaget kalau aktifitas di hari minggu akan  seperti ini. Lautan sampah dan manusia berjejal menjadi satu di sini. Ah, bukan hanya Ate Philipina saja loh, mbak - mbak dari negara kita pun juga suka ngumpul di sini. Ada yang jualan, ada yang ngadain pengajaian dan masih banyak lagi kegiatan buruh migran yang terselenggara di tempat ini. 

Tuh kan, kalian bisa lihat nescafe pun mau dikirimin pulang. Ah tapi nggak boleh berprasangka yang aneh-aneh sih. Ya, mungkin di negara asalnya sana, belum nyetok kopi impor. Hiks 
Foto ini aku ambil dari atas jembatan layang. Tsuen Wan itu kalau minggu ya gini. Penuh dengan lautan manusia dan kardus. 



Foto ini area bawah jembatan yang dimanfaatkan buruh migran untuk berteduh. Kalau hari senin, sampah selalu numpuk di setiap pojokan atau sudut tempat ini. Bikin nyesek deh kadang, soalnya sudah disediain sampah tapi tetep aja bandel nggak mau masukin ke tempat sampahnya.


Aku sudah berada di Tsuen Wan sejak dua tahun terakhir ini. Tepatnya tanggal 18/10/2011. Dan. hari ini adalah awal dari kisah GO-Blogku.

*Ate = Panggilan kakak perempuan 

COMMENTS

Nama

ADSENSE,4,AFTER EFFECT,2,BAHASA ASING,2,Bahasa Inggris,1,BLOG,24,BNI,3,Brand Local,2,ceritaku,3,CERPEN,6,CorelDraw,1,Curhat,12,DOKTER,2,Dokter Gigi,1,Dokter Hongkong,2,DOKTER KANDUNGAN,2,Dokter Mata,1,Dokter Umum,1,EKSPEDISI,3,EMAIL,1,ENDORSE,1,FILM PENDEK,3,Flash Fiction,1,Gigi,5,GMAIL,1,Halal,1,Hongkong,14,Ilmu Komputer,3,INDONESIA,1,INFO,7,INFO BMI,20,INFO DOKTER,7,JASA PAKET,3,JP BAI,3,JPBAI,4,Kandungan,3,Kecantikan,1,KESEHATAN,1,KOSMETIK,1,KULINER,2,Kulit,4,Kursus Gratis,1,LAKON,6,Lipstik,1,liputan,1,LUAR NEGERI,4,Masakan,1,Masker,1,Microsoft Excel,1,Microsoft Word,2,MODUS,1,MURAH,1,Opini,1,PAKET,3,PENIPUAN,1,Photoshop,2,Produk Local,1,QQP,9,QQP JASA PAKET,11,QQP JASA PAKET LUAR NEGERI,11,Rambut,1,rubik,1,Seputar BMI,24,Seputar Hongkong,22,Tips & Trik,1,Tips & Trik Blog,7,TRAVELING,4,Tubuh,2,UNDANGAN PERNIKAHAN DIGITAL,1,Virus,1,Wajah,1,Wardah,1,Widget,2,youtube,1,
ltr
item
Zhiang Zie Yie: Tsuen Wan - Lautan Manusia Di Negeri Bahuinia
Tsuen Wan - Lautan Manusia Di Negeri Bahuinia
https://4.bp.blogspot.com/-SQmbPbozMv8/Us0hHLx3mWI/AAAAAAAABD4/-Ara36LXXuo/s640/DSC_0025.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-SQmbPbozMv8/Us0hHLx3mWI/AAAAAAAABD4/-Ara36LXXuo/s72-c/DSC_0025.jpg
Zhiang Zie Yie
https://www.zhiangzieyie.com/2013/11/tsuen-wan-lautan-manusia-di-negeri.html
https://www.zhiangzieyie.com/
https://www.zhiangzieyie.com/
https://www.zhiangzieyie.com/2013/11/tsuen-wan-lautan-manusia-di-negeri.html
true
3263550911380837102
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy