Cinta Terlarang

Aku masih termangu di tempatku berpijak. Di bawah gedung raksasa yang menjulang tinggi, hingga hampir menembus tapal batas pekatnya azura di...

Aku masih termangu di tempatku berpijak. Di bawah gedung raksasa yang menjulang tinggi, hingga hampir menembus tapal batas pekatnya azura di atas sana. Untuk kesekian kalinya azura nampak murung ketika aku menjejakkan kaki di tempat ini. Tampaknya, azura tak sedang bersahabat menyambut kedatanganku. Pekat legamnya menambah suram suasana hati yang tengah dirundung nestapa. Tak ada lagi rona kedamaian ataupun keteduhan yang kulihat. Berkali-kali kutatap kilatan halilintar yang sekelebat merambat. Bergemuruh walau sesaat. Seolah, fenomena alam siang ini mewakili rasa pedih di ulu hati. Menahan luka atas kepergian wanita yang teramat sangat kukasihi, satu bulan lalu. Kini, semua nampak berbeda, terasa hampa kala keputusan itu diketuknya. Sosok yang biasanya lembut berubah menjadi seorang hakim yang tegas dan menakutkan bagi kehidupanku. Kebahagiaan yang sempat kutanam dicabutnya dengan paksa. Wanita itu sungguh tak punya perasaan. Jiwa ini serasa tercabik-cabik menerima semua perlakuan itu. Tapi apalah daya, takdir ini tak bisa kutolak. Bahkan, untuk menjadi orang yang tepat baginya pun aku tak mampu. Dia tak mungkin bisa menjadi rusukku. Garis hidup ini menentang keinginan dan harapanku. Tuhan tak pernah setuju tentang jalan yang kupilih. Mencintai orang yang tak seharusnya kucintai.

Berkali-kali, bisik lirih sang bayu mencoba mengusirku dengan kedinginannya. Menyuruhku pergi melepas kenangan yang sempat bersemayam dilubuk hati, di tempat ini. Hembusannya seolah mencemooh kedunguanku yang terlalu banyak memikirkan wanita yang telah menancapkan belati kata itu di jantungku. Apalah daya, aku tak bisa menerima semua perlakuan ini terhadapku. Semua perjalanan waktu yang aku lalui bersamanya sungguh tak mudah untuk dilupakan. Kebahagiaan sesaat yang sempat menyapaku terlalu dalam tersemat di memori. Bayangan itu, seolah datang dan pergi sesuka hati. Dengan syahdunya menyusup ke pembuluh nadi. Menjalar, menggerogoti diri. Mengoyak raga. Menghujam sukma yang tengah kukuatkan agar tak terjatuh kelembah yang sama untuk kesekian kalian. Dia, wanitaku, pilihan terakhir yang pernah kumiliki.

***

''Andra...!'' seru seorang wanita yang sedari tadi kutunggu. Nafasnya tersengal, ketika dia berlari menghampiriku. Butiran peluh bercucuran menghiasi wajahnya yang oriental. Aku pun tersenyum menatap tingkah polahnya yang masih seperti anak kecil. Wanita dihadapanku ini memang selalu terlihat sempurna di mataku. Walau sejatinya, dia tak akan pernah menjadi sempurna dihidupku.

''Minumlah,'' kusodorkan sebotol air mineral yang langsung diraih dan diteguknya. Kekeringan telah mendera kerongkongannya. Dan secepat kilat air itupun habis.

''Huh, maaf telat. Kerjaanku cukup banyak hari ini,'' katanya yang kujawab dengan sebuah anggukan. Aku telah cukup mengerti tentang kebiasaan terlambatnya itu. Bobo, wanita paruh baya yang dijaganya itu selalu menambah daftar pekerjaan dikala libur.

''Ada yang ingin aku omongin sama kamu, Ndra.'' Wanita ini menarikku ke tengah zebra cross. Pembatas antara jalur kanan dan kiri. Tepat di tengahnya kami berhenti. Hilir mudik kendaraan yang melintas tak mumbuatnya memilih untuk maju dan melangkahkan kakinya.

'' apa yang ingin kamu katakan ?'' kualihkan pandanganku sejenak menatapnya. Wanita ini masih tetap membisu. Meneguk ludahnya, lalu menatapku.

''Aku rujuk dengan mas Hilman,'' katanya dengan pasti. Seketika, mataku mebulat mendengar ucapannya. ''Aku akan pulang ke Indonesia dalan waktu dekat.  Semoga perpisahan ini menjadi pilihan terbaik yang pernah aku buat untuk kita, Ndra,'' paparnya lagi. Aku semakin  mematung mendengar ucapan wanita dihadapanku ini. Pukulan maha dahsyat seolah dia layangkan tepat mengenai jantungku. Menghentikan aliran darah hingga beku. Aku diam membisu menatapnya. Tak ada kata lain selain airmata yang tiba-tiba bergulir membasahi pipi. Sesak. Sungguh sakit hati ini dibuatnya.

"Jangan menangis kumohon," pintanya sambil menggenggam tanganku. Kami saling memandang satu sama lain dan terdiam cukup lama.

''Kamu lihat elang itu?,'' pandanganya beralih, menunjuk seekor burung yang tengah meliak-liuk diangkasa. ''Ketika dia pergi dari sarangnya, dia tak pernah lupa untuk kembali pulang menemui anak-anaknya,'' dia menatapku sesaat. Menelangkup wajahku yang tengah basah oleh airmata. "Percayalah. Dari dahulu sampai sekarang. Esok ,lusa bahkan sampai kapan pun kenangan tentangmu akan abadi dalam hatiku. Kumohon, Ndra. Jangan menangis. Ini jalan terbaik buat kita.''

"Jalan terbaik katamu?'' selaku. Terbaik untukmu, nggak buat aku,'' bentakku padanya.

''Cinta kita ini nggak akan pernah abadi. Kamu tau itu kan?'' katanya berusaha menenangkan jiwaku. Tangan halusnya mencoba menghapus setiap tetesan airmata yang tak berhenti mengalir. Kukibaskan tangannya dari wajahku.

''Secepat itukah semua ini berlalu, ha...!''  Wanita ini menatapku lekat-lekat. Tersenyum. Mengangguk pelan. Ada rasa sesak saat dia tersenyum padaku.

''Suatu saat kamu juga harus menikah,Ndra. Merawat suamimu. Mendidik anak-anakmu. Aku tak bisa memberikan semua itu padamu,'' wanita ini pun akhirnya menangis. Baru pertama kali ini aku melihat menangis dihadapanku.

'' Jangan pergi! kumohon,'' pintaku dalam isak.

''Suatu saat kamu pasti mengerti, kenapa aku memutuskan hubungan kita. Cari kebahagiaanmu, sayang.'' Kupeluk wanita dihadapanku dengan erat. Berharap dia tak meninggalkanku sendiri. Wanita ini bagai candu dalam kehidupanku. Aku tak tau bagaimana jadinya aku tanpa dirinya. Tangisku kian membuncah seiring dengan derasnya air hujan.

***

Gelegar halilintar menyadarkanku dari putaran kenangan yang sesaat lalu tersirat dimemori. Membawa ruh ini kembali dari alam bawah sadarku. Rasanya, jiwa ini ingin berontak. Keadilan yang kuharap tak jua datang menghampiri. Pekatnya azura masih menangis bersamaku. Menghantam tubuhku hingga jatuh tersungkur. Aku terus menangis bersama hujan. Menikmati setiap rinainya hingga jiwa ini dipenuhi rasa sesak.

''Ran...!'' teriakku sembari menantang hujan. Aku menangis tergugu di tengah hiruk pikuk lalu lintas jalanan. Semuanya lenyap tak tersisa. Bayang masa lalu itu tak mampu lagi kurengkuh. Aku tertunduk menatap bayangan diriku. Betapa diri ini berlumur dosa. Kututup wajahku. Berharap hujan mampu menghapus segala dosa ini dari hidupku. ''Aku malu, Tuhan,'' rintihku.

''Andra...!'' kudongakkan wajah mencari sumber suara yang memanggil namaku. Seorang wanita yang kukenal, kini berdiri dihadapanku. ''Astagfirullah, Andra?'' lanjutnya setengah terkejut. Wanita ini mencoba mengangkat tubuh lunglaiku. ''Ayo pergi nanti kamu sakit,'' cemasnya. Dia berusaha memapah dan membawaku berteduh tapi ragaku menolaknya. Aku masih ingin berada di tempat ini. Sendiri.
Sekilas, kutatap wajahnya yang terlihat cemas melihat kondisiku yang kuyup. ''Sudahlah, Ndra. Ran sudah bahagia bersama suaminya. Sampai kapan kamu akan seperti ini terus?'' katanya tegas. Wanita dihadapanku ini adalah sahabat Ran. Setelah kepergian Ran hanya dialah yang mencoba membuatku bangkit dari keterpurukan. Menarikku dari jurang kesesatan. Memberi pengertian atas cinta terlarangku yang tak mungkin bisa disatukan oleh keadaan apapun. Tya, wanita ini sungguh tak pernah lelah menemani dan mengajariku tentang arti hidup yang sebenarnya. Kulihat  wajahnya yang memelas, memintaku bangkit bersamanya.


Dan akhirnya, aku pun mengikuti langkah wanita berhijab ini. Pergi meninggalkan jejak luka yang selama ini membelenggu diri. Mungkin benar kata orang, mencintai bukanlah suatu kesalahan. Karena, cinta itu bisa timbul kapan saja, di mana saja dan pada siapa saja. Tak terkecuali padaku. Namun, aku salah menempatkan rasa itu. Salah karena mencintai orang yang jelas-jelas telah dilarang oleh agamaku. Membuat lubang kesesatan dalam kehidupanku. Dan dengan bodohnya masih mempertahankan hubungan yang tak mungkin bisa disatukan oleh waktu. Seperti cintaku ini pada sejenisku yang terlarang karena timbul oleh serangkaian pelampiasan hawa nafsu.

COMMENTS

Nama

#BERITA,5,1 HARI,1,1 SET 3 BUKU,1,12 FEBRUARI 2022,1,13 HARI,1,1300 KASUS,1,15 TAHUN,1,1881 Herritage,1,1980,1,1981,1,1982,1,1983,1,1984,1,1987,1,1988,1,2021,5,2022,6,2071 KASUS,1,24 JAM,1,24 KEMATIAN,1,2500,1,318,1,4 BUKU,1,50MM,1,6116 KASUS COVID,1,ABAL-ABAL,1,ABCYA,1,ADSENSE,7,AFTER EFFECT,2,AGAMA,2,AGII,1,AI KWA YONG YI YUK,1,AKAL,1,AKHIR PEKAN,1,AKHLAK,1,AKTIVASI,1,AKU,3,AL QURAN,3,ALZHEIMER,1,AMALAN,1,AMBIL HADIAH,1,AMZING STORIES,1,ANAK PANAH,1,ANAKKU HARTAKU,1,Angpao,1,Antiquities and Monuments Office,1,APARTEMEN Mei Wui di Shek Kip Mei,1,APLIKASI,1,Apriyani Rahayu,1,AROW,1,ART PARK,1,ASBABUR NUZUL,1,ASMAUL HUSNA,1,ATM,4,ATM LAMA,1,ATURAN,1,AUDISI,1,AUSTIN,1,AWAN KATA DENGAN PYTHON,1,AWARD,1,AXA Mandiri,1,AYAM UNGKEP,1,BADAI CHIBA,1,BADMINTON,2,BAHASA,1,BAHASA ARAB,3,BAHASA ASING,4,BAHASA HONGKONG,1,Bahasa Inggris,3,BAHASA SEHARI HARI,1,BAKSO,1,BALADA CINTA,1,BANK,2,BANK BNI,1,BANKING,2,BANTUAN,1,BANTUAN LEGAL GRATIS,1,BEKAS,1,BEKAS JERAWAT,2,BEKS,1,BELAJAR,2,BERAS. HALAL,1,BERGEDEL JAGUNG,1,BERITA,249,BERITA TERBARU,12,BERITA VIRAL,1,BETRAN PETO PUTRA ONSU,1,BEYERDYNAMIC,1,BI FAST,1,BICARA ITU ADA SENINYA,1,BISMILLAH,1,BISNIS,18,BISU,1,BLOG,28,BLOKIR,1,BMI,9,BNI,17,BNI HONG KONG,1,BNI REMITTANCE,7,BNI REMMITTANCE,1,BNI SYARIAH,1,BNI YUEN LONG,1,BONEKA TANGAN,2,BOOKING,1,BOOKING ONLINE,1,BOOKING VAKSIN,1,BOOSTER,1,Brand Local,2,BRAZILIAN,1,BREAKING NEWS,1,BUBAR,1,BUDAYA,1,BUKA,1,BUKU,32,BUKU ANAK,8,BUKU SAKU,1,BUKU TAJWID,1,BULAN,1,BULAN HIJRIYAH,1,BULUTANGKIS,1,BUMBU KOBE,1,BUNGA EMAS,1,BURSA EFEK,1,BWPT,1,CANCELED,1,CARA,1,CARA MEMBUAT LINK WHATSAPP,1,CATHAY PASIFIC,1,CATUR,1,CAUSEWAY BAY,3,CC,1,CEREITA. MANTAN,1,CERITA,38,CERITA MAKANAN,1,CERITA PENDEK,3,CERITA TKI,1,ceritaku,7,CERMIN,1,CERPEN,16,CHE KUNG TAMPLE,1,CHIRSTIAN ACTION,1,CHOI HUNG,1,CHP,1,CINTA,1,CIONG FEN,1,CITISTORE,1,CJ DENTAL CARE,1,clipping maks,1,COD,1,COLLAGE WORD,1,COMMERCIAL BUILDING,1,CONTOH,1,CORANA,1,CorelDraw,1,CORONA,5,CORONA VIRUS,3,COVID,27,COVID 19,30,COVID19,2,CSL,2,CUACA,2,CURCOL,1,Curhat,22,CUTI PULANG,1,D7200,2,DAFTAR VAKSIN,1,DANDAN,1,DARUL HAQ,1,DARURAT,1,DASAR,1,DASAR TAJWID,1,DEMENSIA,1,DENTAL CLINIC,1,DEPARTEMEN BURUH,1,DEPARTEMEN IMIGRASI,1,DESA,1,DESA LODERESAN,1,DESAIN,1,DESAING,2,DEWA,1,DisneyLand,1,DIVIDEN,1,DOKTER,6,Dokter Gigi,3,Dokter Hongkong,3,DOKTER KANDUNGAN,3,DOKTER KEWANITAAN,1,DOKTER KULIT,1,Dokter Mata,1,DOKTER TELINGA,1,DOKTER THT,1,Dokter Umum,1,DOLAN,1,DONG YUAN,1,DONGENG,1,DORAEMON,2,DOSIS 3,1,DOWNLOAD,2,DRAMA KOREA,1,DZULHIJJAH,1,EAST COAST PARK PRECINCT,1,EFEK,1,EKSPEDISI,3,ELNUSA,1,ELSA,1,EMAIL,1,ENDORSE,2,ENSLIKOPEDI,1,EROR,1,ESAI,1,EXPIRED,1,EXTEND VISA,1,FACEBOOK,2,FANBASE,1,FANTASI,1,FDH,1,FEBRUARI,1,FENDY PONOROGO,1,FESTIVAL,1,FIKSI,1,FILM,1,FILM PENDEK,4,FIQIH,1,FIRST CLASS,1,Flash Fiction,1,FLOWERSHOW,2,FOOD,1,FOOD BLOGGER,1,FOODPANDA,1,FOODY,1,FORMULIR,1,FOTO,1,FOTO PRODUK,1,FREE,2,FRIENDSWITHYOU,1,FROG DOLL,1,FROZEN FOOD,1,GAJI,1,GANTI ATM,2,GANTI BARU,1,GANTI KARTU ATM BNI,1,GARAM,1,GERBONG,1,Gigi,5,GIVEAWAY,1,GMAIL,1,GOLDEN BAUHINIA,1,GOOGLE,1,GOV,2,GRASINDO,1,GRATIS,5,GREEN SCREEN,1,Greysia Polii,1,GULUNG,1,HA PAK NAI,1,Hack,1,Hadiah,4,HAK HAK PRT,1,HAK PRT,1,Halal,3,HALLOWEEN,1,HAMSTER,1,HARBOUR CRUISE,1,HARDISK,1,HARI LIBUR,1,HATI HATI DI JALAN,1,HATI-HATI,1,HELLOWEN,1,HEMAT,2,HEWAN,1,HILANG,1,HIMALAYA,1,HIMALAYAN ROCK SALT,1,Hong Kong,49,Hong Kong Avenue of Comic Stars,1,Hongkong,82,HOTEL,1,HOTLINE,1,HUAYI HOTEL,1,HUNG LOK,1,HUNGHOM,2,HUT RI,1,ID CARD,1,IDUL ADHA,1,IKAN GILING,1,IKEA,1,IKLAN DIBATASI,1,IKONIK,1,Ilmu Komputer,4,IMIGRASI,1,Imlek,1,IMUT,1,INDEX,1,INDONESIA,15,INF,1,INFO,41,INFO BMI,44,INFO DOKTER,14,INFO LOMBA,1,INGGRIS,1,INI YANG TERAKHIR,1,INSTAGRAM,1,ISLAMI,4,JADWAL,4,JAJANAN DESA,1,JANGAN KALAH,1,Jao Tsung-I Academy,1,JASA,1,JASA PAKET,8,JASA PAKET LUAR NEGERI,2,JASA PAKET. LUAR NEGERI.,2,JASON DAVIES,1,JEPANG,1,JERAWAT,2,JOCKEY CLUB,1,JOJOBA,1,JOMBLO,1,JORDAN,1,JP BAI,4,JPBAI,6,JUALAN,1,JUARA 1,2,JUS AMMA,1,JUZ AMMA,3,JUZ KE 30,1,KAEDAH,1,KAI YIK,1,KAIDAH,1,KAIDAH PRAKTIS,1,KAISI,1,KALENDER,1,KALIMBA,2,KAMAR,1,KAMAR TIGA SATU DELAPAN,1,KAMU,1,KAMUS,1,Kandungan,4,KANG HA NEUL,1,KANGKUNG,1,KANKER PAYUDARA,1,KANTONIS,2,KARAKTER,1,KARANTINA,4,KARAOKE,1,KARNAVAL,1,KARTU ATM,1,KARTU ATM BNI,1,KARTU NAMA,1,KARTU SETAN,1,KARYAWAN,1,KASUS,4,KASUS BARU,2,KASUS COVID,3,Kecantikan,1,KELILING HONG KONG,1,KEMATIAN,1,KENAPA SEDIH?,1,KENNEDY TOWN,1,KERETA,1,KERETA API,1,KERING TEMPE,1,KESEHATAN,1,KIRIM BARANG,1,KIRIM FROZEN,1,KISAH,1,KISAH ISLAMI,1,KISAH TELADAN,1,KISTA,1,KITAB,1,KJRI,9,KLASTER COVID,1,KOBE,1,KODE OTP,1,Kompas TV,2,KOMPUTER,5,KONSELING ONLINE,1,KOSMETIK,1,KOTEMA,1,KOWLOON,1,KREASI,1,KTKLN,1,KTP HONGKONG,1,KUBIS,1,KUIL,1,KUIS,2,KULINER,9,Kulit,4,KUMPARAN,1,KUPON,1,KURA KURA,1,KURS,1,Kursus Gratis,1,KUTU RAMBUT,1,LABOUR,1,LABU,1,LAGU,1,LAGU HANTU,1,LAI CHI KOK,1,LAKON,8,LANCAR BACA,1,LANGIT,1,LANSIA,2,LAPORAN,1,LAPORAN KASUS,1,LAYANAN,2,LAYANAN BARU,1,LEBARAN,2,LELAKI DARI MASA LALU,1,LEM KAYU,1,LEM TIGER,1,LENGKAP,1,LENS KIT,1,LENTERA QALBU,1,LIBUR,1,LIEN OI,3,LINK,1,Lipstik,1,liputan,1,LIVE,1,LOCAL,5,LOCKDOWN,5,LODERESAN,1,LOMBA,9,LUAR NEGERI,5,LUCU,1,LUNAR NEW YEARS,1,MAAF,1,MACAU,1,Madam Tussaund,1,MADE THAILAND,1,MAKANAN,5,MAKE UP,3,MAMA,4,MAMMOGRAM,1,MANDARIN,1,MARET,2,MASA BERLAKU,1,MASA DEPAN,1,MASAK,2,Masakan,4,MASAKAN HONG KONG,1,MASAKAN INDONESIA,1,MASJID,1,Masker,1,MASUK INDONESIA,1,MASYARAKAT,1,MAYYA TOWER,1,MBANKING,5,MBLO,1,MC DONALDS,1,MEDALI EMAS,1,MEIFOO,3,MENDULANG PAHALA,1,MENGENANGMU MELUKAIKU,1,MENGHILANGKAN JERAWAT,1,MENINGGAL,2,MENTIMETER,1,MENYENANGKAN,1,MERAH PUTIH,1,META,1,METODE,1,MIC,1,Microsoft Excel,1,Microsoft Word,2,MIGRAN,1,MO,1,MO LIMO,1,MOBILE BANKING,2,MODUS,3,MODUS PENIPUAN,2,MONGKOK,2,MONGKOK EAST,1,MONKEY LEARN WORDCLOUD GENERATOR,1,MONUMEN,1,MOON PALACE,1,MOTIVASI,1,MOTO,1,MOTRET,2,MP3,1,MTR,4,MUKHTAROT,1,MURAH,6,Museum,4,musik,1,MUSLIM,1,MUSLIMAH,1,MY DOLL,1,N501Y,1,NABI,1,NABI ISA,1,NASI GORENG,1,NASIHAT MULIA,1,NFO DOKTER,1,NGAU CHI WAN MARKET,1,NIKON,2,NOMOR PENTING,1,NORTHPOINT,1,NOTICE,2,NOVEMBER,3,NUSANTARA,1,NYESEK,1,NYI RORO KEMBANG SORE,1,OCEAN PARK,1,OKTOBER,1,OLAHRAGA,2,OMICRON,3,ONE MONTH NOTICE,1,ONLINE,1,Opini,1,ORANGTUA,1,ORIGINAL,1,OTE OTE,1,OTP,1,PADA SENJA,1,PAGODA,1,PAISAN,1,PAKET,4,PAKET BARANG,2,PAKET BUKU,2,PAKET BUKU MURAH,1,PAKET COD,1,PAMERAN,1,PAMIT,1,PANDEMI,1,PANDUAN,1,PARLEMEN,1,PASAR,2,PASAR BASAH,2,PASAR SHATIN,1,PASAR TAI WAI,1,PASIEN COVID,1,PASKIBRA,1,PASPOR,2,PASPOR. GADAI,1,PASSWORD,1,PAWONE BIYUNGKU PATLIKUR JAM,1,PAYMENT,1,PEKERJA RUMAH TANGGA,2,PEKERJAAN,1,PELAJARAN TAJWID LENGKAP,1,PEMERASAN,1,PEMERINTAH,2,PEMIMPIN DUNIA,1,PEMUDA,2,PENGANTIN,1,PENGATAR TIDUR,1,PENGGATIAN HK ID,1,PENGUMUMAN,4,PENIPUAN,3,PENNY BAY,1,PENUTUPAN WAJIB,1,PEPE,1,PERATURAN,1,PERAWAT,2,PERBANKAN SYARI'AH,1,PERDAGANGAN,1,PERJALANAN,1,PERTUNJUKAN,1,PESAWAT,1,PESTA KEMBANG API,1,PESTA LAMPU,1,PET,1,Photoshop,8,PIKIR,1,PING SHAN,1,PLAYDAY,2,PMI,3,POLAROID,1,POPULAR SOUND,1,POSITIF,11,POSITIF COVID,6,Post,1,Post Office,1,POTONG RAMBUT,1,power point,1,PRAKIRAAN CUACA,1,PRAKTEK SHALAT,1,PRAKTIS,1,PRIME CREDIT,1,PRODUK,1,Produk Local,1,PROGRAM,1,PROMOSI,1,PRT,1,PUBLIC HOLIDAYS,1,PULANG,1,PUPPET,1,QQP,30,QQP JASA PAKET,30,QQP JASA PAKET LUAR NEGERI,30,RADANG TENGGOROKAN,2,RAMADHAN,1,Rambut,1,RAMBUT PALSU,1,RASULULLAH SAW,1,RATE,1,RBLQ,1,RECOR BARU,1,REKOR COVID,1,REOG,1,RESEP,8,RESTAURAN,2,RESTORAN,1,RETOUCHING,1,REVIEW,2,RIBA,1,RINGKASAN,1,ROYAL BRUNEI,1,RRI,1,rubik,1,RUMAH BACA,1,RUMAH SAKIT,1,RUMAHAN,1,RUTE,1,SAD,1,SAHABAT SETIA SMARTONE,1,SAHAM,7,SAHUR TIME,1,SAKIT KRONIS,1,SAKSI,1,SALT,1,SAMA MARAH,1,SASTRA,1,SATGAS COVID 19,2,SAWI,1,SAWI GULUNG MIE,1,SAYAP AYAM,1,SCREET GARDEN,1,SEBUAH CERITA,2,SEBUAH JAWABAN YANG MENYAKITKAN,1,SELAMAT PAGI,1,SELF FORGIVENESS,1,SENJA,1,Seputar BMI,29,SEPUTAR HONG KONG,2,Seputar Hongkong,26,SERBA,1,SERBASERBI,33,SF EXPRESS,1,SHALAT,2,SHam Shui Po,1,SHATIN,1,SHING YU HOUSE,1,SHOLAT,2,SHORTS,1,SILUET SENJA,1,SIN CHAN,1,SINGO WIROMO,1,SKIN,1,SKINCARE,1,SMART HONGKONG IDENTITY CARD,1,SMART ID,2,SMARTONE,1,SMS VERIFIKASI,1,SONG,1,SOUND,1,Sound Effect Music,1,SRI,1,STAF,1,STAF POSITIF,1,STAY AT HOME,1,STREET FOOD,1,STRUK,1,SUHU,1,SUKA SUKA,1,SUNNAH,1,SUNRISE,1,SURAT EXTEND,1,SURAT MAJIKAN,1,SURAT TERMINATE,1,SYARAT,3,T8,1,TABUNGAN,1,TAGCROWD,1,TAGXEDO,1,TAHU BULAT,1,TAHUN BARU,1,TAI KWUN,1,TAIPO,3,TAIPO MARKET,1,TAJWID,3,TAK WAH PARK,1,TAMAN BERSEJARAH,1,TAMAN HIBURAN,1,TAMAN TERSEMBUNYI,1,TAMBAL GIGI,1,TANYA JAWAB,1,TARI TRADITIONAL,1,TARIF,1,Tat Tak Communal Hall,1,TAXI,1,TEH BOTOL SOSRO,1,TELESKOP,1,TELINGA,1,TEMPAT IBADAH,1,TEMPAT MAKAN,1,TENDA BIRU,1,TENTANG HONG KONG,1,TERATAS,1,TERBARU,3,TERBLOKIR,1,TERJEMAHAN,1,TERONG,1,TES COVID-19,1,TEST,1,TESTIMONI,1,THE FROG,1,THE INDONESIAN CLUB,1,THE SYMPHONY OF LIGHTS SHOW,1,TIKET GRATIS,1,TIN SHING COURT,1,Tin Shui Wai,4,TINGKAT NASIONAL,1,TINJAUAN KRITIS,1,Tips & Trik,1,Tips & Trik Blog,7,TKI,2,TKW,2,TKW HONG KONG,1,TOKO AMIN,1,TOKO INDONESIA,1,TOKO MANTAP,1,TOKO MERY,1,TOKO MITRA INDO,1,TOKO SCORPIO,1,TRANDING TOPIK,1,TRANSAKSI,1,TRAVELER,3,TRAVELING,23,TRAVELING. YOUTUBE,1,Trip,1,TSIM SHA SHUI,1,TSIM SHA TSUI,1,Tsim Tsa Shui,1,TSING YI,1,TSUEN WAN,2,TSUI,1,TSUI SING LAU,1,Tubuh,2,TUEN MUN,3,TUENMUN,1,TULIS,1,TULUNGAGUNG,1,TULUS,1,TUMAN,1,TUMO,1,TUMPENG,1,TUNG YICK MARKET,1,TUNTUNAN SHALAT,1,TURUN,1,tutorial,1,TUTUP,2,TUTUPP,1,twingkle twingkle little star,1,UKURAN SAKU,1,ULAMA SALAF,1,ULANG TAHUN,1,ULTAH,1,UMKM INDONESIA,1,UNBOXING,1,UNDANGAN PERNIKAHAN DIGITAL,1,UPAH,1,UPDATE,7,USG,2,UTHK,1,VAKSIN,3,VICTORIA HARBOUR,1,VIDEO PROMOSI,1,VIRAL,1,Virus,4,VLOG,2,VOI,1,VOICE OF INDONESIA,1,WA,1,WAH FU ESTATE,1,Wajah,1,WAJIB,1,WAKTU VAKSIN,1,WAN CHAI,1,WANCHAI,2,WANITA,1,Wardah,1,WARNA,3,WARTEG,1,WARUNG,1,WARUNG LAYANAN,1,WASPADA,1,WEBTOON,1,WECHAT PAY,1,WESTERN UNION,1,WESTKOWLOON,1,WET MARKET,2,WHAMPOA,1,WHATSAPP,2,Widget,2,WIG,1,WNI,2,WONDERFULL,1,WORD,1,WORDART,1,WORDCLOUDS,1,WORDITOUT,1,YAU TONG,1,YAUMATEI,1,YE JOI,1,youtube,11,YOUTUBER,1,YOUTUBER CHALLENGE,1,Yuen Long,8,YUKASIN,1,YUMI CELL,1,ZHIANG ZIE YIE,2,ZIYA,2,ZULKIFLI HASAN,1,
ltr
item
Zhiang Zie Yie: Cinta Terlarang
Cinta Terlarang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYuLMlhbpz2cAthvYyJUxWBujV4DrDzNtq8IX53AtHo8AbGsL_Ko8ULHQGW_z4_S1eaPYKelzfH7wuXOJRJKC-45R2egCW_x3AHng5IYJCdoTijs7RI2LRKXadbWmQlTOetI2yVVk_HN0e/s1600/DSC_0158.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYuLMlhbpz2cAthvYyJUxWBujV4DrDzNtq8IX53AtHo8AbGsL_Ko8ULHQGW_z4_S1eaPYKelzfH7wuXOJRJKC-45R2egCW_x3AHng5IYJCdoTijs7RI2LRKXadbWmQlTOetI2yVVk_HN0e/s72-c/DSC_0158.jpg
Zhiang Zie Yie
https://www.zhiangzieyie.com/2014/04/cinta-terlarang.html
https://www.zhiangzieyie.com/
https://www.zhiangzieyie.com/
https://www.zhiangzieyie.com/2014/04/cinta-terlarang.html
true
3263550911380837102
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy