Saturday, May 27, 2017

Liburan Murah Di Hongkong , Jalan - Jalan ke Sam Tung Uk Museum, Tsuen Wan

           Pengen jalan-jalan tapi nggak punya dana?         
           
           Atau punya dana tapi nggak tau tempat tujuan yang pengen dikunjungi?

           Memilih dan memutuskan untuk berlibur itu adalah hal yang patut kita lakukan. Terlebih jika sudah sangat penat banget. Ketemu majikan saja rasanya ogah-ogahan. So, refreshing adalah hal yang patut kalian coba.

          Kalian yang ada di Hongkong, tentu bosan juga kan kalau libur hanya ke tempat itu-itu saja. Butuh sesuatu yang bedalah ya buat cerita ke anak, cucu bahkan kalau bisa, cicit kita nanti. Nah, bagi yang mau liburan gratis di Hongkong, kalian bisa pergi ke museum, pantai, atau gunung yang tentu nggak perlu memikirkan ongkos berlebih. Selain itu, kalian juga bisa sambil olahraga dan mengenal history tentang tempat-tempat yang sudah dikunjungi.

          Kali ini, aku ingin mereview tentang sejarah Sam Tung Uk Museum yang ada di sekitar daerah tempat tinggalku. Jadi, Sam Tung Uk Museum ini adalah situs sejarah peninggalan masa lampau khususnya masyarakat Klan Hakka (Marga Chan) yang berasal dari Ghuang Zhou, China. Bangunan ini berdiri di atas tanah berukuran 2000 m  Bangunan ini dibangun pada tahun 1786 dan mengalami pemugaran pada tahun 1981. Sebuah history yang amat langka, mengingat Hongkong adalah kota metropolitan dengan dinding beton yang menjulang tinggi. Namun masih tetap mempertahankan kompleks perumahan kuno ini sebagai cagar budaya yang patut untuk diperlihatkan pada dunia.

 
Sam Tung Uk Museum Tampak Dari Depan
     

        Lalu, gimana sih biar bisa sampai ke Sam Tung Uk museum



        Dari MTR Tsuen Wan Station Exit D dan E, kalian -tanpa harus naik eskalator- bisa langsung keluar dan ambil jalur arah kiri. Lurus saja, kira-kira jalan 5-10 menit dari MTR. Nah, jika sudah sampai tujuan, kalian bisa langsung melihat tulisan di foto bawah ini.

Manyun Expresion ☺
Tanda Masuk Sam Tung Uk Museum 
Denah Sam Tung Uk Museum
         

                 Setelah bertemu gambar ini, kalian bisa langsung naik ke atas. Di sana, nanti akan menjumpai sebuah kuburan kuno. Kuburan itu, dulunya sering banget dibuat untuk nenekku sembahnyang. Kata nenek, "Hai Lito Pa Kung-Kung." Di sini, sembahnyang buat kakek. Jadi, kemungkinan besar, kuburan ini adalah, kuburanya lelaki yang sangat dihormati jaman dahulu. Karena nggak mungkin jika orang yang nggak begitu penting di tempatkan di tempat ini.




Kung-Kung- Kuburan Di mana nenek Dulu Sembahyang


Batu Inspirasi
              Dan, aku biasanya duduk di atas batu itu. sambil menunggu nenek sembahnyang. Tapi sayang sekarang nggak lagi. Penyakit alzheimer yang deritanya, membuat dia tak mau lagi pergi ke kuil ataupun jalan jauh. Jadi, sekarang, ya kebanyakan di rumah aja.Aku, jadi lebih banyak waktu buat nulis di mari. #tsaaah


               Penampakan Sam Tung Uk Museum kalau dari samping. Sebenarnya di bagian belakang tempat ini juga ada bangunan lagi. Tapi cuma sebagai pembatas tempat ini saja . Di samping kiri ada taman kecil, bisa dibuat untuk pacaran, duduk ataupun mencari ide nulis. Oh ya, ada juga pohon maple di sini. Di musim gugur kalian bakalan dapat melihat daun maple berguguran. Cantik. Nggak kalah sama yang di Yuen Long.
Penampakan Sam TUng Uk Museum Dari Samping 
                   Jadi Sam Tung Uk Museum ini buka setiap pukul 10:00 - 17:00 WHK. Dan libur setiap hari selasa. Hari raya Imlek. Kemarin, pas aku datang ke sana itu jam 9:50 am WHK. Dulunya sih buka setiap jam 9:00 am WHK, tapi nggak tahu kenapa, jam bukanya diganti.

 Jadwal Operasional Sam Tung Uk Museum
Sam Tung Uk Museum Pas Belum BUka
         
Narsis Dulu :D  GUE DUA

Setelah Menunggu Akhirnya Pintu dibuka
         

            Ok... Sekarang kita masuk ke Sam TUng Uk Museum 

           Jadi Sam Tung Uk Museum ini mempunyai lima pintu masuk. Di samping kiri kanan bangunan dan tiga di depan. Tapi untuk pintu keluar masuk pengunjung ada di depan seperti ini. Jadi, jangan nyoba nylundup lewat jalur tikus ya. 

           Di sebelah kanan pintu masuk, kalian bisa dapat melihat replika bangunan Sam Tung Uk Museum dan beberapa benda bersejarah lainnya. Di sini juga ada history tentang Sam Tung Uk Museum, dari awal pembangunan hingga pemugaran. Beberaap foto yang aku abadikan bisa dilihat di sini.

REplika bangunan Sam Tung Uk Museum 
Denah dari Sam Tung Uk Museum

Struktural Bangunan


Contoh peralatan yang digunakan untuk membangun museum 

Sam Tung Uk Mueseum Tempo dulu 
Sejarah Sam Tung Uk Museum 
Historical Sam TUng Uk Museum

Historical Sam TUng Uk Museum
Historical Sam TUng Uk Museum

Historical Sam TUng Uk Museum
Historical Sam TUng Uk Museum
         

Historical Sam TUng Uk Museum

Add caption
Historical Sam TUng Uk Museum
Historical Sam TUng Uk Museum
Sejarah Pembentukan Sam Tung Uk Museum 

Historical Sam TUng Uk Museum
                                   
                                 Historical Sam TUng Uk Museum

Historical Sam TUng Uk Museum
Material Kayu Ynag digunakan Untuk membangun Museum 
REplika Sam Tung Uk Museum dari dekat

Stone Mortar


          Setelah selesai melihat-lihat, kalian bisa langsung ke ruang teater, sekaligus resepsionis yang menjadi satu di dalamnya. Nah, di sini kalian bisa melihat, film atau pertunjukan yang selalu diputar berulang-ulang. Palingan ada 10-15 menitan gitu. Aku nggak nonton banyak sih, soalnya terbatas waktuku keluar rumah. 

         

Teater Room And Receptionis

             


              Yang paling unik dari bangunan ini adalah, struktur lantainya yang model pembangunannya lebih rendah dari bangunan di sekitarnya. Jadi kalian harus hati-hati saat jalan. Kemarin aku hampir jatuh, gegara saat ambil video nggak lihat bawah. :D

              Ada yang unik lagi, semua pintu di ruangan ini punya grendel yang sama. Terbuat dari besi kuningan. Ada tulisan 'hei' dari kata 'siong hei' yang artinya kebahagiaan, macam di foto bawah ini.
              
              Lanjut keluar ruangan. Masuk ke Zona Kanan - dalam video, aku salah menyebut zona masuk -  di situ terdapat ruangan yang berisikan peralatan farming. Ada cangkul, cikrak dan banyak macam lainnya seperti foto-foto di bawah ini.


Pintu bertuliskan Kebahagiaan
Zona Kanan 

Peralatan Bertani Tempo Dulu  (Ruangan Kakan)

Peralatan Bertani Tempo Dulu (Ruangan Kanan)

Peralatan Bertani Tempo Dulu 




Peralatan Memasak (Ruangan Kiri)

Tungku Masak Tempo Dulu (RUangan Kiri)

Ruang Tamu Tempo Dulu 

Bagian Atas Ruang Tamu 

Kamar Tidur. 

Kamar Tidur. Di bagian Atas bisa terhubung dengan ruang tamu 

Lemari TUa TEmpo Dulu 


                    Di ruangan ini, begitu lembab sekali. Bau kayu sangatlah terasa. Kalau nggak tahan masuk ke sini bisa pusing. Jadi nggak perlu lama-lama buat ngelihatnya ya. Soalnya, ada pembatas. Jadi kita nggak diperbolehkan untuk masuk ke dalama ruangan. Foto ini, aku ambil dari luar pembatas. Oh ya, masuk ruangan ini nggak boleh bicara keras atau berisik. Di luar ruangan sudah ditempelin peringatan gitu. Sebenarnya, juga nggak boleh foto-foto. Hikz... akunya bandel. Ini tandanya :D mungkin ada makhluk astral yang nggak suka selfi. Mungkin loh ya :D

Tanda Masuk Ini hanya ada di beberapa tempat saja

 Lanjut, kita keluar ruangan ini. Di sisi kanan, kita langsung disuguhi dengan struktural cara bertani masyarakat Hakka tempo dulu. Nggak jauh berbedalah sama yang ada di Indonesia. Nggak ada, hal yang menarik sih di ruangan ini. Tapi kita bisa lebih tahu, ternyata masyarakat Ghuang Zhou tempo dulu yang hijrah ke Hongkong, sebagian besar adalah petani. Berikut, aku tampilin foto-fotonya.              
                 
 
Dilarang Berisik :D

Narsis Dulu                       


Paddy Fields

Musim Tanam Padi 

Bagian Atas Ruangan 

Masa tanam Padi 

Masa tanam Padi 

Peralatan Yang digunakan jaman dulu 



PEralatan Tanam Padi
Bak Air Kuno 
Alat Bertani Zaman DUlu 
Alat Bertani Zaman DUlu 
         
Alat Bertani Zaman Dulu 
        Nah, ruangan ini adalah bagian sisi kanan dari Sam Tung UK museum. Kita lanjut ke sisi tengah museum ini. Tempat di mana masa peradaban baru dimulai. Di ruang tengah ini, banyak menyimpan benda-benda sakral. Zaman dulu, ada beberapa ritual yang dilakukan masyarakat untuk menyambut hari-hari besar dan beberapa peralatannya disimpan di sini,


Raja Bisa Juga Dianggap Tetua
Sejarah RItual Sembahyangan


Ciam Si dan Beberaoa Kitab Sembahyangan

Tempat Air Minum Jaman dulu 



                         

                       
   Alat Pertukangan. Bagian Atas ini Adalah Kecapi

Alat Pertukangan 

Alat Pertukangan 

Alat Pertukangan 

Alat Pertukangan 

Kayu bahan Pembuatan Kecapi

Kayu bahan Pembuatan Kecapi


Tempat Minum Unik Tempo dulu

Tempat Minum Tempo Dulu

Plaque From Chiu Chow Kung WOng Tong For The Yu Lan Ghost Festival



Peralatan Untuk Ghost Festival 

Peralatan untuk Ghost Festival 


Narsis Dulu :D

Tali Kecapi 

Tali Kecapi 

Alat Untuk membuat kecapi 

Desain Kecapi

Pembuatan Kecapi 

Kecapi Yang Boleh Dimainkan

           Di ruangan berikutnya -masih di bagian tengah- kita bakalan disuguhi, ruang teater lagi. Nah, di sini, kita bakalan disuguhi dengan film jaman dulu, tentang cara membuat kue yang sangat terkenal di sini. Nama kuenya Hang Yan Peng. Enak sih menurutku. Kayak kue Tok kalau di Indonesia. Sempat aku video juga walau nggak keseluruhan. Bisa dilihat nanti di akhir tulisan ini ya.


Ruang THeater

             Pindah dari ruang tengah, sekarang kita ke ruang sebelah kiri Sam Tung Uk Museum. Di ruang ini, kita bisa melihat beberapa ruangan yang didekorasi khusus untuk memperkenalkan budaya masyarakat Hakka. Ada tiga ruangan di zona kiri ini.

            The Art Of  Paper Crafting

            Jadi di ruangan ini terdapat replika ludruk Hongkong yang sampai sekarang masih dimainkan oleh beberapa orang. Banyak sekali orang tua di sini yang menyukai kesenian ini. Biasanya, pertunjukan ini, diselenggarakan pada hari-hari khusus. Di tempat sembahyangan nenekku dulu, bakalan menggelar ludruk pas ulang tahunnya Mama Liong. Katanya sih ratu yang paling dihormati di zamannya. Ada beberapa foto yang pernah ku upload dulu. Semoga masih bisa aku review nanti.

            Untuk tampilan ruangan di sebelah kiri ada di bawah ini.







          Paper Crafted Unicorn

          Kalau di kampungku nyebutnya Leang Leong :D Terkenal juga dengan nama Barong Shai. Di upacara-upacara besar, pastinya ada benda yang satu ini. Simbol dari kekuatan dan pengusiran kekuatan jahat. Pun kedatangannya banyak dinanti oleh masyarakat sekitar sebagai pertunjukan yang jarang disaksikan pada hari-hari biasa.

         Kesenian BarongSHai mulai populer pada zaman dinasti Selatan-Utara (Nan Bei) tahun 402-589 Masehi. Kala itu pasukan dari raja Song Wen kewalahan menghadapi serangan pasukan gajah raja Fan Yang dari negeri Lin yi. Seorang panglima perang bernama Zhong Que membuat tiruan boneka singa untuk mengusir pasukan raja Fan itu. Dan upaya itu sukses hingga akhirnya tarian barongshai melegenda sampai sekarang.

Ruangan Unicorn
Narsis Wajib :D
Unicorn
           Mechanically -driven Displays

           Ruangan terakhir di sisi kiri, terdapat Mechanically -driven Displays. Bisa dibilang juga, ini adalah susunan kerangka yang dibuat untuk pertunjukan juga. Biasanya, bakalan ditambahin kertas gitu pada tampilan kerangkanya.

            Isi ruangan, kurang lebih seperti gambar di bawah ini



   Ok, setelah puas berkeliling, tinggal tempat lagi yang perlu kita review. Kita mulai untuk tempat yang pertama yuk. Nah, tempat ini berada di sisi tengah. Kalian bisa melihat ruang tamu dan beberapa peralatan rumah tangga tempo dulu. Di pintu masuk, salah satu ruangan, kita akan menemukan bebatuan yang di atasnya terdapat mantra-mantra. Hanya ada satu di tempat ini yang terdapat mantra sesuai gambar ini.
Mantra
           Lanjut, masuk ke ruang tamu. Kita bakalan melihat ruang tamu jaman dulu juga terbuat dari kayu. Sudah seperti orang jawa jaman dulu. Letak penataannya pun sangat unik. Ruang ini, juga bisa dibilang tempat untuk berdiskusi 
Bagian Atas Ruang tamu bisa Tembus Ke kamar tidur
                            
Ruang Tamu Plus Tempat Diskusi


 Pindah ke ruang sampingnya, kita bakalan disuguhi lagi, kamar tidur yang unik juga. Andai nggak ada pembatas, pengen banget buat tidur di ranjang itu. Ah ya, ada tempat tidur bayi yang tergantung juga. Terbuat dari bambu. 
                
Kamar Tidur 
Kamar Tidur dan Perlengkapannya
            Setelah itu, kita bisa lihat ruang makan dan berbagai macam peralatan kuno yang disediain di ruangan itu. Kurang lebihnya ada di foto ini

Ruang makan dan berbagai macam perabotnya
          Di sisi samping ruangan, ada dapurnya. Jadi satu ruangan ini terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, ruang makan dan dapur. Ah ya, untuk toilet ada, terpisah dan letaknya di belakang. Samping tempat teather.
Dapur Dan Peralatannya

Dapur Dan Peralatannya

Dapur Dan Peralatannya

           Penjelajahan tinggal dua ruangan lagi. Nah, foto di bawah ini adalah tandu pengantin. Bisa juga buat tandu raja, ratu atau orang-orang penting lainnya. Yang suka nonton film kerajaan-kerajaan pasti tau dong alat ini. Unic banget deh. Sayang nggak bisa disentuh. Kalau boleh pasti udah tak ajak selfi bareng :D
Tandu Pengantin

Tandu Pengantin
          Di sisi kiri dan kanan juga masih terdapat kamar tidur. Bau kayunya begitu terasa. Pengap sekali di tempat ini. Kurang lebih fotonya seperti di bawah ini.


Kamar Tidur

Penampakan Almari Tua





Bagian Atas Kamar

Ranjang 

Almari BErsejarah

Sisi Atas Ranjang

Dapur

Dapur

Peralatan Bertani

Peralatan Bertani

Peralatan Bertani


Peralatan Dapur 

Peralatan Dapur

Peralatan Dapur 

Tempat Air
               Sekarang, kita ada di ruangan terakhir. Di sini, ruangan sedikit gelap. Kemarin, aku sampai kaget sendiri gegara, tiba-tiba lihat kepala menempel di kaca.Hahaha... ternyata cuma gambar projector aja. Hikz... kupikir hantu aja :D

          Perlengkapannya sudah semakin modern. Dulu pas datang ke sini, sepertinya nggak ada ruangan macam ini. Aku sih udah dtang, pernah juga mengabadikan beberapa foto tapi nggak sedetail kemarin. Kurasa jaman dulu belum ada kemah-kemahan macam ini.

Penampakan Projektor di tangga
Tenda Kemah 
Tenda Kemah 
              Di sebelah kiri ruangan juga gelap sekali. Andai malam hari pastinya macam rumah hantu ajalah. Serem bangetlah.


Ruangan sebelah kiri 
   

Ini Bisa Muter Juga





Kursi Ini kayak Di Warteg







   
Narsis Sebelum Pulang


Bagian Akhir Perjalanan

            Nah, berakhir sudah perjalanan kita di Sam Tung Uk Museum. Bagi yang malas baca, bisa lihat di chanel Youtobe aku di sini


              Nah, berakhir sudah perjalanan kita di Sam Tung Uk Museum. Bagi yang malas baca, bisa lihat di chanel Youtobe aku di sini

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Q