Friday, April 13, 2018

GOLDEN BAUHINIA SQUARE BUNGA EMAS WANCHAI : Traveling Di Hongkong Part 1

GOLDEN BAUHINIA SQUARE BUNGA EMAS WANCHAI - Traveling bagi seorang babu sepertiku adalah hal yang wajib dilakukan di saat libur tiba. Yapz, kebiasaan yang beberapa bulan terakhir kulakukan bersama nenek (momonganku). Dan petualangan hari ini, kuputuskan untuk ke GOLDEN BAUHINIA SQUARE atau biasa dikenal dengan sebutan BUNGA EMAS.

Kenapa harus ke GOLDEN BAUHINIA SQUARE (BUNGA EMAS WANCHAI)? karena tempat ini adalah salah satu destinasi wisata Hongkong yang patut kalian kunjungi saat berada di kota bekas jajahan Inggris ini. Selain itu, Bunga Emas ini merupakan simbol bagi pemerintahan Hongkong. Lihat saja lambang bendera mereka yang juga menggunakan logo Golden BAUHINIA. Tak hanya itu, Kalian bisa menemukan logo Bunga Emas ini di uang dolaran Hongkong jugA loh. Contohnya yang ada di uang  lembaran $10. Yah, nggak beda jauh dari mawar merah di uang seratus ribu Indonesia. 

Jejak Sejarah GOLDEN BAUHINIA SQUARE (BUNGA EMAS WANCHAI)

Patung Golden Bauhinia Squre ini didirikan untuk memperingati penyerahan Hogkong dari Pemerintahan Inggris ke Republik Rakyat China pada tanggal 30 Juni 1997.  Setalah dijajah oleh pemerintahan Inggris selama 156 tahun lamanya. Upacara yang diadakan malam itu sekaligus menjadi tanda terbentuknya Hong Kong Special Administrative Region (HKSAR). Dan Mantan pengusaha pengiriman Tung Chee Hwa diangkat menjadi Kepala Eksekutif SAR pada tahun itu. 

Patung Golden Bauhinia Square setinggi 66 kaki ini dihiasi dengan kaligrafi Presiden Jiang Zemin sebagai perwakilan China pada saat Seremoni Serah terima. Bunga Bauhinia yang disepuh emas ini merupakan simbol penting bagi orang Hong Kong. 



Cara Menuju Ke GOLDEN BAUHINIA SQUARE (BUNGA EMAS WANCHAI)

  • Kalian bisa langsung meluncur ke Wanchai lalu cari arah yang mau ke Imigrasi Hongkong. (Jika kalian menggunakan MTR, kalian bisa keluar melalui exit A5)
  • Jalan lurus saja melewati jalanan seperti yang ada di foto ini sampai menuju Imigrasi Hongkong. Tapi jangan masuk ke imigrasi ya, langsung ambil arah kanan untuk menuju TKP.
  • Ada tempat foto yang juga sering dikunjungi saat mau ke Golden Bauhinia Square. Di tempat ini, aku sama nenekku juga foto-foto.

Jembatan Imigrasi Hongkong 

Lift Turun Untuk Disability

Jepret dulu sama Nenek :D
Enaknya di Hongkong itu, mereka menyediakan akses untuk penyandang disabilitas. Jadi, aku bisa membawa nenekku ke mana pun aku ingin jalan-jalan. Nah, foto di lift itu, bisa kalian temui saat berada di samping ruang resepsionis yang mau menuju air mancur seperti fotoku di bawah ini.






Si Nenek itu paling demen kalau liat anak kecil. Nah, foto candid ini ngambilnya pas ada anak kecil lari-lari. Sayang banget, gegara GalFok jadinya malah nenekku yang ngeblur. heuuhh...


Lumayan bagus kan buat foto-foto. Pada bulan-bulan tertentu bunganya ganti sih. Jadi, kadang juga pas sudah mau layu gitu, tempat ini malah nggak ada bunganya. Hari itu, kali kedua aku ke tempat ini. Dulu pas ke sana, nggak ada bunganya. Jadi kurang greget.

Setelah puas selpong-selpon, kita langsung meluncur ke Golden Bauhinia Square. Jadi, kalian tinggal lurus aja, nggak perlu belok kanan kiri. Soalnya, tempatnya cuma jalan lurus gitu dari TKP pertama. Kalian bakal menemui rambu-rambu lalu lintas di beberapa titik. Jangan nyebrang sembarangannya. Walaupun nggak ada polisi, namun jika ketahuan, dendannya nggak tanggung-tanggung. Biasanya $2000 atau setara Rp. 3.500.000. Sayang kan duit segitu.



Inilah, Golden Bauhinia Square atau biasa disebut Bunga Emas Wanchai. Di sini, kalian juga bisa menggunakan jasa Foto yang cuma ditarik $10 per lembar. Menurutku sih bagus, tapi ya buat apa? kalau foto sendiri pun bisa. Bagi yang mau sih nggak apa. Buat kenang-kenangan, karena bisa langsung dicetak di tempat.





Pas musim dingin atau mau pergantian musim dari musim dingin ke musim panas, sebaiknya nggak datang ke sini, karena cuacanya bakalan adem banget. Ini aja pas mau pergantian musim banyak angin, soale tempat ini di tepi laut. Nenekku saja sampai tak pakein selimut itu gegara dingin. Tapi semua bakal berubah jika kalian datang bersama pasangan. :D ingat, jomblo itu nggak enak 😝😝😝





Foto ini nggak sengaja. Pengennya tuh nunjuk Golden Bauhinianya eh kebetulan nyandid ada orang lagi pose kayak gitu :D maaf ye OM.

Di sebelah patung ini, ada sebuah bangunan yang mirip sama Sidney Opera House yang ada di Australia. Tapi ya nggak mirip2 amat sih tapi menyerupai gitu. Hari itu nggak bisa foto lengkap gegera sudah sore dan dingin banget. Ntar deh di update lagi.

Bagi kalian yang punya waktu senggang, bisa nunggu sampai jam 8 malam. Nanti di tempat ini bakalan ada "Symfony of light show" selama kurang lebih 15 menit setiap harinya. Bagus banget jika kalian lihatnya dari seberang laut Wanchai atau tepatnya di Tsim Sha Tsui. Untuk menuju Tsim Sha Tsui bisa langsung naik Ferry yang ada di seberang jalan patung Golden Buhinia Square ini. Di samping patung ini, ada sebuah pelabuhan yang bisa pula kalian jumpai.

Aku belum pernah naik kapal ferry untuk area ini, jadi belum bisa ngasih reviewnya. Nah, ada juga Tour menggunakan Bis yang bisa kalian patut coba. Kurang lebih biayanya $10 nggak tau kalau sekarang sudah naik atau belum. Belum pernah nyoba soalnya hehehee.

Ok, sampai di sini dulu cerita Traveling kali ini. Semoga, minggu depan bisa buat cerita liburan yang lainnya. 😍😍😍 Buat kalian yang lagi atau mau traveling ke Hongkong, boleh hubungi aku di Whatsapp biar kita bisa cuap-cuap.

See U next trip. Salam GO-Blog

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Q