Antara Fakta Dan Mitos Orang Hamil

Pantangan Orang Hamil Ala Orang Jawa Di jaman serba moderen ini pasti kagak percayalah sama yang namanya Pantangan Orang Hamil Ala Orang Jaw...

Pantangan Orang Hamil Ala Orang Jawa

Di jaman serba moderen ini pasti kagak percayalah sama yang namanya Pantangan Orang Hamil Ala Orang Jawa. Dan, Aku termasuk salah satunya. Tapi hanya untuk urusan makanan. Maklum wetengku ngelih ae saat hamil. Rasa lapar kian membabi buta kalau mencium aroma masakan. Selera makanku saat hamil ataupun tidak memang tidak berubah sedikit pun. Aku masih doyan makan, malah seneng banget makan. Kalau orang hamil yang pada umumnya dan sebagian banyak nyirik ini itu kebanyakan bayine manja, aku malah nggak. Gawan bayi sih katane. Kalau aku sih, Pokok aku doyan dan halal ya tak makan. Kadang, mamak suka sewot lihat cara makanku. Katanya, "wong meteng nak mangan ra dijogo." Lha, cemana mau jaga, kalau tak jaga bayiku triak-triak, nendang-nendang plus usrek ae piye jal. Nak gini sing soro yo aku. Nggak ngrasain sih.

Kembali kepantangan orang Jawa.

Biasanya, mereka akan melaranmu makan pake cowek /lemper. Jere nak tetap dilakukan, bibire bayi bakal njleber. Bih, nggak kebayangkan bila baby yang imut-imut kena dampak takhayul atau mitos ini. Aku sih nggak percaya sepenuhnya tapi yang jelas aku juga nggak berani nyoba juga. Jere, setiap perkataan adalah doa. 

Ada lagI, soal masalah bibir ini. Kita (orang hamil) juga kagak boleh makan ndik tengah lawang/pintu. Jere nak nekat dilakukan lambene anake e bakal ombo sak lawang. Hal ini juga berlaku pada pawonan /kompor jaman dulu. 

Jangan makan ikan Lele. Jere, darahnya bakal amis. Sek to...Bukane darah iku emang amis. Terus apa hubungane makan ikan Lele sama Darah? Kalau dulu akunya tetap makan sih. Lawong nyidam, jere nak nggak dituruti anake e bakal ngileran. Pie Jal?

Jangan bunuh hewan apapun dengan tangan kita. Jika terpaksa bilang bismillah dulu. Apapun pokok e bismillah jere mamak bakal slamet. Dulu, tetangga rumah Ada sih yang nggak sengaja bunuh Katak pas istrine lagi hamil Terus(hasil akhir bisa ditebak cem apa). Maaf nggak mau mengurai. Mungkin itu karena cacat bayi atau gimana aku juga nggak paham ilmu medis. Yang jelas bocah ini pinter sekali. Namun, keterbatasan itu membuatnya tak bisa melangkah lebih jauh. Dan, saat ini dia sudah ada di Surga- Nya. Semoga kamu tenang di sana, Dhek . 

Kembali kepantangan saat hamil 

Please.... Jangan sekali-kali menghina, berkata yang nggak baik atau apalah tentang orang yang kamu nggak suka. Kalau, pada akhinya keceplosan bilang, mending buru-buru istigfar, tapuk lambe, usap perut sambil bilang, "amit-amit jabang bayi, aja nurun anakku iki." Ya, walau bukan mantra mustajab, bisalah buat penangkal. 

Jangan menyumpah serapah siapapun saat hamil. Karena, jika sumpahmu itu salah bisa jadi kamu sendiri yang bakalan kena. Tetanggaku sudah membuktikannya. So, jangan mencoba. Kalau tetap ngotot, resiko dijamin penumpang. 

Masih banyak sih sebenere tapi akunya rada-rada lupa. Entah, ini hanya mitos atau takhayul belaka, akunya juga belum bisa menetralisirkan dengan otakku. So, bila ada yang mau nambahi monggo, disharing.

COMMENTS

Nama

ADSENSE,4,AFTER EFFECT,2,BAHASA ASING,2,Bahasa Inggris,1,BLOG,24,BNI,3,Brand Local,2,ceritaku,3,CERPEN,6,CorelDraw,1,Curhat,12,DOKTER,2,Dokter Gigi,1,Dokter Hongkong,2,DOKTER KANDUNGAN,2,Dokter Mata,1,Dokter Umum,1,EKSPEDISI,3,EMAIL,1,ENDORSE,1,FILM PENDEK,3,Flash Fiction,1,Gigi,5,GMAIL,1,Halal,1,Hongkong,14,Ilmu Komputer,3,INDONESIA,1,INFO,7,INFO BMI,20,INFO DOKTER,7,JASA PAKET,3,JP BAI,3,JPBAI,4,Kandungan,3,Kecantikan,1,KESEHATAN,1,KOSMETIK,1,KULINER,2,Kulit,4,Kursus Gratis,1,LAKON,6,Lipstik,1,liputan,1,LUAR NEGERI,4,Masakan,1,Masker,1,Microsoft Excel,1,Microsoft Word,2,MODUS,1,MURAH,1,Opini,1,PAKET,3,PENIPUAN,1,Photoshop,2,Produk Local,1,QQP,9,QQP JASA PAKET,11,QQP JASA PAKET LUAR NEGERI,11,Rambut,1,rubik,1,Seputar BMI,24,Seputar Hongkong,22,Tips & Trik,1,Tips & Trik Blog,7,TRAVELING,4,Tubuh,2,UNDANGAN PERNIKAHAN DIGITAL,1,Virus,1,Wajah,1,Wardah,1,Widget,2,youtube,1,
ltr
item
Zhiang Zie Yie: Antara Fakta Dan Mitos Orang Hamil
Antara Fakta Dan Mitos Orang Hamil
Zhiang Zie Yie
https://www.zhiangzieyie.com/2015/02/antara-fakta-dan-mitos-orang-hamil.html
https://www.zhiangzieyie.com/
https://www.zhiangzieyie.com/
https://www.zhiangzieyie.com/2015/02/antara-fakta-dan-mitos-orang-hamil.html
true
3263550911380837102
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy