Monday, August 17, 2015

Cara Membuat Foto Menjadi Anime

Hai Guys, kembali lagi aku nulis sesuatu yang semoga saja bermanfaat buat kalian ya. Kali ini aku ingin memberikan sebuah solusi buat kalian gimana cara merubah foto menjadi anime. Sebenarnya nggak sulit-sulit amat kok. Kemarin, sewaktu aku belum punya software Paint Tool Sai, aku sedikit kesulitan membuatnya tapi sekarang semua menjadi lebih mudah. Tinggal gimana kamunya saja mengapresiasikan caranya saja.Ok lets to try.

Pertama yang harus kita lakukan adalah buka software Paint Tool Sai dong tentunya. Nah, habis itu buka layer baru. untuk hasil yang lumayan gede aku pake size 900x1000 pxl dengan resolusi 72. Size dan resolusinya emang sudah tepat dan bagus agar tidak pecah. Oh iya, di Paint Tool Sai ini nggak pake CM so pintar-pintar kita aja menentukan sizenya ya, agar bila di export ke Photoshop atau software yang lain tidak pecah. 

Nah, kalau sudah membuat layernya, tinggal kita OPEN foto yang sudah kita persiapkan. Sebenarnya, aku hanya ingin membuat Couple Anime dengan mencontoh orang di sebelahnya itu. eh nggak taunya justeru terisnpirasi dengan tulisan bagaimana cara merubah foto menjadi anime .

Bila sudah terbuka, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat mata. Kenapa mata? karena mata sangat penting untuk menentukan kedua sisi wajah. dan bagian yang lainnya. Cara membuat mata bisa dilihat di postingan berikutnya, maklum belum sempat banyak nulis.Jika satu mata udah jadi kita tinggal meng-copynya saja. Cara mudah meng-copy bukan pakai CTRL+C melainkan dengan cara Klik Pada Layer lalu pilih Copy (C). Dan secara otomatis, akan terpaste dengan sendirinya. Kita tinggal menggeser dan menentukan letaknya saja. Aku menggunakan beberapa layer untuk membuat anime ini. Misalkan layer mata. maka aku memiliki dua layer mata untuk memudahkan proses pengeditan. Karena, bila menggunakan satu layer untuk semua bagian, kita yang pemula ini pasti akan sangat kesulitan.

Untuk Gambar layer bisa di zoom gambar di bawah ini ya. ada beberapa layerkan. Oh ya, jangan lupa memasukkannya ke dalam grup (New Layer Set) untuk setiap layernya. karena jika kita menempatkan satu LineWork pada satu tempat itu akan membuat kita  para pemulu kebingungan :D Karena aku masih baru dalam software ini, aku pikir saran ini sangat bermanfaat untuk kalian.
Contoh beberapa Layer Di samping kiri gambar

 Dua foto di bawah ini, adalah sebagian gambar yang sudah hampir jadi. Aku sedikit merubah bentuk tubuhnya, nggak sesuai dan persis amat sih. Tapi nggak papa ya, wong namanya juga belajar. Cara membuat badannya sih cukup simpel. Tergantung keinginan kita. Untuk pembuatan wajah, rambut dan badan aku menggunakan satu Layer Set yang sama. Pertimbanganku sih karena, bagian ini akan memudahkanku saat proses pewarnaan. Bisa dibilang, ini bagian yang sangat lama. Kalau yang sudah profesional banget sih mudah, soalnya kan cuma buat garis-garis doang. Tapi nggak papalah, kan kita niatnya belajar dan berbagi.


Proses Sebelum Di Edit       
Proses Pewarnaan   

Untuk wajah, badan dan (terakhir) rambut. kita letakkan dalam satu Layer Set. Foto sebelah kiri itu aku ambil sewaktu masih membuat LineWorknya. Terlihat gimana gitu kan yah. Ya iyalah, masih acak kadul. Masih mentah soalnya. Nah, foto kedua itu sudah aku kasih warna, walau nggak begitu sempurna. Karena kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT. 

Dalam pewarnaan itu aku memakai banyak layer. Soalnya, pas aku warna ternyata gambarnya nggak mau berubah. Layer baru sehabis kita gunakan Magic Wand akan berfungsi dengan baik. Setidaknya, tidak akan membuatmu bingung, kenapa warna yang kamu pilih tidak berubah. Itu sih yang aku temukan dari experimen kemarin. Maklum otodidak, apa yang aku bisa bagi ya tak bagi, soalnya ilmu yang bermanfaat itu memang harus dibagi-bagi kan?

Kamu juga bisa menggunakan Brush Tool. Jangan melulu pakai BrusTool, soalnya kalau pakai Brush Tool hanya untuk satu warna saja. Kalau pakai Brush Tool, kita bisa menggunakan banyak warna. dan hasilnya akan jadi seperti ini. So Nice kan, :D Yang buat aku, ya tak bagus-bagusin. :D

Proses pengerjaannya sekitar empat harian, yah gegara dapat pesanan bikin kaos sih. hihihihi....
Hal terlama itu bikin rambutnya. Duh, awut-awutan lah ini orang :v nggak sama kek aslinya emang. Namanya juga belajar, nggak harus sama. Next harus lebih baik lagi. 

Sekian dulu ya, tangan dah pegel banget. Semoga bisa bikin kalian tambah semangat untuk terus belajar
 Jangan lupa baca artikel yang lainnya di blogku. Kalau ada yang bermanfaat boleh di share ke temen-temen yang lainnya.

Salam Merdeka Untuk Indonesiaku

Hongkong, 17 Agustus 2015

1 comment:

Featured Post

Salat Idulfitri Di Hong Kong 1440H