Cerpen Festival Sastra Migran Indonesia (FSMI) : Janji Pelangi Di Banyu Mulok

Cerpen Yang Tayang Di Berita Indonesia Hongkong Deburan ombak kian kuat menghantam batu karang. Sesekali tempiasnya menyapu wajahku. Entah, ...

Cerpen Yang Tayang Di Berita Indonesia Hongkong



Deburan ombak kian kuat menghantam batu karang. Sesekali tempiasnya menyapu wajahku. Entah, sudah berapa lama aku berdiri di sana. Mematung, menatap ombak yang bergemuruh di lautan lepas. Memekik, berdentum, bagai lantunan instrument musik yang menyayat ulu hati.

Angin dari segala penjuru arah dengan pongahnya menghempaskan rambutku. Membuatnya koyak tak beraturan. Tangan ini kian gemetar ketika detak jarum jam mulai menunjukkan waktu di mana aku harus bisa menerima segala kenyataan yang ada.

“Haruskah aku pergi dari tempat ini? Dan melepaskan segalanya begitu saja.”

Sekilas kutatap birunya cakrawala, tampak kosong tanpa adanya mega. “Sekosong itukah hatiku,” gumamku dalam hati. Bulir air mata yang sedari tadi kubendung akhirnya tumpah jua. Aku terduduk, di hamparan rerumputan. Tergugu dalam pilu.

***

Hari ini, terik mentari begitu menyengat kulit. Serasa tepat berada di atas kepala. Pukul dua belas siang, kami melanjutkan perjalanan ke arah selatan, kota Tulungagung. Ini adalah trip pertamaku dengannya. Gadis yang ada di belakangku saat ini, adalah sahabat sekaligus cinta pertamaku semasa kecil.

Kini, dia sudah beranjak dewasa rupanya. Waktu melesat begitu cepat ternyata. Hingga merubah segalanya dalam jangka yang sekejap. Dia nampak cantik dan anggun. Deretan giginya yang putih dan senyumnya yang berlesung, kian menambang rona cantik di wajahnya.

Dua puluh tahun, aku tak melihatnya. Bisa dibayangkan, betapa rindu ini tak bisa lagi dibendung. Saat pertama kali menginjakkan kaki di tanah kelahiranku, Tulungagung,  dialah orang yang pertama kali ada dibenakku.

Setelah dua jam berpacu dengan waktu, akhinya kami sampai di tempat yang dijanjikannya padaku. Tebing Banyu Mulok.  Sebuah hamparan rerumputan nan hijau dengan view lautan lepas, semakin menambah keeksotikan tempat ini.

“Apakah kamu tahu?” gadis bermata cokelat di sampingku terdiam sejenak,  menatap lurus ke arah laut lepas. “Di waktu yang sama ketika terik mentari tak sedang bersembunyi, kita bisa melihat pelangi di sini, tentu  tanpa harus menunggu hujan pergi.”

Aku menoleh ke arahnya. “Maksudmu, aku tak harus menunggu hujan datang untuk melihat pelangi di sini?” gadis itu pun mengangguk.

“Sttt… tapi jika kita beruntung,” lanjutnya diiringi gelak tawa. Deretan giginya yang putih dan sebuah lesung pipit yang terbentuk di wajahnya yang merona, kian membuat gadis di sampingku ini bagai bidadari yang jatuh dari khayangan.

“Ah, dasar kamu ini.” Kucubit pipinya, gemas. Dan gadis ini hanya bisa meringis saja.

Namanya An Zhen. Aku biasa memanggilnya Zhen. Gadis keturunan Tiong Hoa inilah yang banyak mengenalkanku pada indahnya bumi Indonesia. Tanah kelahiranku, yang sejatinya tak banyak kukenal. Lama berada di negeri orang, membuatku lupa akan keindahan yang sejatinya bisa kudapatkan di negeri kelahiranku sendiri, Tulungagung.

“Sebentar lagi, kamu akan melihatnya,” kata Zhen yang sontak membuyarkan lamunanku. Aku menoleh ke arahnya. Dilirik arloji hitamnya. Dan dia mulai menghitung mundur dari angka sepuluh hingga nol. Dan, sebuah pertunjukan bagai orkestra pun dimulai. Semburat pelangi dari ujung tebing timur dan dari ujung barat mulai muncul dan bersatu di tengah-tengah tebing.

Ombak yang menghantam tebing karang itu menjulang ke langit. Silih berganti, antara satu tempat ke tempat lain di sepanjang ‘Bukit Banyu Mulok.’

It’s amazing.

Mataku  berbinar-binar melihat kejadian yang sungguh membuat jiwaku bergetar. Ini kali pertama aku melihat kejadian yang sangat menakjubkan. Di hamparan rerumputan nan hijau yang di hadapannya terbentang laut lepas tanpa batas. Laut yang menghubungkan Indonesia dengan Samudera Hindia. Dan laut yang mempertemukanku kembali dengan Zhen.

“Bagaimana, kamu suka?” Aku menoleh ke arahnya dan mengangguk sebagai jawaban iya-ku. “Suatu saat aku ingin dilarung di tempat ini. Bertemu dengan ombak dan menyatu bersamanya,” lanjutnya.

Kini pandanganku terfokus pada Zhen. Gadis itu sibuk merapikan rambutnya yang tergerai berantakan.  “Apa maksudmu?” Zhen menoleh ke arahku . Senyumnya mengembang.

“Dalam tradisi keluarga kami. Pelarungan jenasah itu sangat baik dilakukan di tempat-tempat yang indah.” Zhen terdiam sejenak. “Aku telah berpetualang kebanyak tempat dan akhirnya menemukan tempat ini. Bukankah kamu bisa melihatku sebagai pelangi ketika aku tak ada di sismu nanti.”

Ada rasa yang mengganjal ketika gadis berusia dua puluh lima tahun itu berucap demikian. Sorot matanya yang tadinya teduh, kini berubah tajam. Seolah, dia telah mengetahui apa yang sebenarnya akan terjadi.

“Antarkan aku ke Goa Tan Tiek Soe ya, Ham. Aku ingin berada di sana beberapa hari,” pintanya. Dengan manjanya, Zhen mulai bergelanyut di lenganku. Aneh, tapi aku juga tak mampu untuk menolak permintaannya.

Matahari kian beranjak tenggelam. Menggoreskan semburat jingga di langit yang tadinya membiru. Zhen menggenggam tanganku di sepanjang perjalanan. Aku dapat merasakan kegusaran dalam hatinya.

Tapi apa?

Tepat pukul tujuh malam, kami sampai di Goa Tan Tiek Soe. Menurut cerita Zhen selama di perjalanan, Tan adalah tabib yang sangat terkenal pada masanya. Beliau disinyalir bisa mengobati segala macam penyakit, dari mulai ringan hingga berat sekalipun dan tanpa bayaran seperserpun.  Keluarga Zhen sudah menunggu anak semata wayangnya ini di depan pintu masuk gua.

“Terima kasih, Ham,” Zhen memelukku sesaat sebelum pergi menemui orang tuanya. Aku dapat melihat kegelisahan yang terpancar dari wajahnya. Wajah yang sesaat lalu cerita, kini tampak bermuram durja. Gadis itu, masih sempat melambaikan tangannya sebelum memasuki Goa itu. Aku masih bisa melihat senyumnya, yang aku yakin hanya dibuat untuk menentramkan hatiku.

***

“Ikhlaskan, Ham!” Sebuah tangan mendarat di bahuku. Membuyarkan anganku pada gadis itu. “Zhen sudah tenang di sana. Seharusnya bapak menceritakannya dari awal padamu, Nak.” Bapak Zhen menyerahkan sebuah bungkusan putih kepadaku. “Sudah waktunya.”

Tanganku kian bergetar. Aku memeluk bungkusan itu sesaat. “Kenapa secepat ini?”gumamku.

Zhen, disinyalir menderita autisme. Sedari kecil, dia diisolasi di Gua Tan Tiek Soe. Orang tuanya berharap agar dia bisa sembuh seperti anak-anak seusianya. Untung tak dapat diraih, malang pun tak dapat ditolak. Keluarga Zhen teramat bersyukur, bisa melihat tumbuh kembang puteri semata wayangnya hingga umur dua puluh lima tahu. Padahal dokter sudah memfonis bahwa Zhen tak akan bisa bertahan lama dengan keadaan seperti itu.

Hugh…

Aku berjalan menuju tempat yang dipintanya dulu. Merasakan deburan ombak dan menyaksikan indahnya pelangi sekali lagi. Ini adalah sebuah keberuntungan dan tentu sebuah kepahitan yang harus kurasakan. Telapak tanganku serasa membeku ketika merasakan abu putih itu. Jemari  ini terasa kaku saat menerbangkan abunya di hamparan laut lepas.

“Zhen, apakah kamu tahu perasaanku saat ini? Jika kamu bisa merasakannya dari sana. Inilah janji yang telah aku penuhi kepadamu. Janji pelangi yang mengiringi kekasih hatinya pergi.”

Sekali lagi, hantaman ombak itu selaksa memecah keheningan yang menyelimuti hati ini. Pelangi yang tadinya muncul dalam hitungan menit pun akhirnya ikut menghilang. Sungguh, ketika jiwa telah kembali kepada-Nya. Tak ada sedikitpun alasan untuk menolak takdir dan kehendak yang telah digariskan pada kehidupan kita.

“Selamat jalan, Zhen.”
_____________________________________________________________________
Cerpen ini terpilih sebagai juara 3 lomba cerpen Festival Sastra Migran Indonesia ke VI yang diadakan oleh Forum Lingkar Pena Hongkong. Alhamdullilah juga telah terbit di Koran Berita Indonesia yang ada di Hongkong. 

Hadiah Lomba Public Speaking dan Lomba Cerpen FSMI VI


Suatu anugrah dan rejeki, soalnya dapat hadiah tabungan BRI senilai Rp. 250.000. Plus hadiah menarik lainnya. Seperti tropi dan bingkisan buku. Lumayan, buat isi rak perpustakaan "Lentera Qalbu" di rumah. 

Cerpen ini terinspirasi oleh salah satu wisata pantai "Banyu Mulok"  yang ada di Tulungagung. Tepatnya di selatan kota, arah Pantai Popoh Indonesia Indah. Dan untuk Goa Tan Tiek Soe ini berada di kawasan Tenggara kota. Dua tempat ini sangat fenomenal sekali bagi warga tulungagung. Untuk cerita lengkap kedua tempat ini nanti saya akan bahas di lain kesempatan.

Terima kasih buat FSMI dan Berita Indonesia. Semoga ke depan semakin jaya plus bisa menyalurkan bakat terpendam bagi Para Pekerja Migran Indonesia di Hongkong.

COMMENTS

Nama

#BERITA,5,1 HARI,1,1 SET 3 BUKU,1,12 FEBRUARI 2022,1,13 HARI,1,1300 KASUS,1,15 TAHUN,1,1881 Herritage,1,1980,1,1981,1,1982,1,1983,1,1984,1,1987,1,1988,1,2021,5,2022,6,2071 KASUS,1,24 JAM,1,24 KEMATIAN,1,2500,1,318,1,4 BUKU,1,50MM,1,6116 KASUS COVID,1,ABAL-ABAL,1,ABCYA,1,ADSENSE,7,AFTER EFFECT,2,AGAMA,2,AGII,1,AI KWA YONG YI YUK,1,AKAL,1,AKHIR PEKAN,1,AKHLAK,1,AKTIVASI,1,AKU,3,AL QURAN,3,ALZHEIMER,1,AMALAN,1,AMBIL HADIAH,1,AMZING STORIES,1,ANAK PANAH,1,ANAKKU HARTAKU,1,Angpao,1,Antiquities and Monuments Office,1,APARTEMEN Mei Wui di Shek Kip Mei,1,APLIKASI,1,Apriyani Rahayu,1,AROW,1,ART PARK,1,ASBABUR NUZUL,1,ASMAUL HUSNA,1,ATM,4,ATM LAMA,1,ATURAN,1,AUDISI,1,AUSTIN,1,AWAN KATA DENGAN PYTHON,1,AWARD,1,AXA Mandiri,1,AYAM UNGKEP,1,BADAI CHIBA,1,BADMINTON,2,BAHASA,1,BAHASA ARAB,3,BAHASA ASING,4,BAHASA HONGKONG,1,Bahasa Inggris,3,BAHASA SEHARI HARI,1,BAKSO,1,BALADA CINTA,1,BANK,2,BANK BNI,1,BANKING,2,BANTUAN,1,BANTUAN LEGAL GRATIS,1,BEKAS,1,BEKAS JERAWAT,2,BEKS,1,BELAJAR,2,BERAS. HALAL,1,BERGEDEL JAGUNG,1,BERITA,249,BERITA TERBARU,12,BERITA VIRAL,1,BETRAN PETO PUTRA ONSU,1,BEYERDYNAMIC,1,BI FAST,1,BICARA ITU ADA SENINYA,1,BISMILLAH,1,BISNIS,18,BISU,1,BLOG,28,BLOKIR,1,BMI,9,BNI,17,BNI HONG KONG,1,BNI REMITTANCE,7,BNI REMMITTANCE,1,BNI SYARIAH,1,BNI YUEN LONG,1,BONEKA TANGAN,2,BOOKING,1,BOOKING ONLINE,1,BOOKING VAKSIN,1,BOOSTER,1,Brand Local,2,BRAZILIAN,1,BREAKING NEWS,1,BUBAR,1,BUDAYA,1,BUKA,1,BUKU,32,BUKU ANAK,8,BUKU SAKU,1,BUKU TAJWID,1,BULAN,1,BULAN HIJRIYAH,1,BULUTANGKIS,1,BUMBU KOBE,1,BUNGA EMAS,1,BURSA EFEK,1,BWPT,1,CANCELED,1,CARA,1,CARA MEMBUAT LINK WHATSAPP,1,CATHAY PASIFIC,1,CATUR,1,CAUSEWAY BAY,3,CC,1,CEREITA. MANTAN,1,CERITA,38,CERITA MAKANAN,1,CERITA PENDEK,3,CERITA TKI,1,ceritaku,7,CERMIN,1,CERPEN,16,CHE KUNG TAMPLE,1,CHIRSTIAN ACTION,1,CHOI HUNG,1,CHP,1,CINTA,1,CIONG FEN,1,CITISTORE,1,CJ DENTAL CARE,1,clipping maks,1,COD,1,COLLAGE WORD,1,COMMERCIAL BUILDING,1,CONTOH,1,CORANA,1,CorelDraw,1,CORONA,5,CORONA VIRUS,3,COVID,27,COVID 19,30,COVID19,2,CSL,2,CUACA,2,CURCOL,1,Curhat,22,CUTI PULANG,1,D7200,2,DAFTAR VAKSIN,1,DANDAN,1,DARUL HAQ,1,DARURAT,1,DASAR,1,DASAR TAJWID,1,DEMENSIA,1,DENTAL CLINIC,1,DEPARTEMEN BURUH,1,DEPARTEMEN IMIGRASI,1,DESA,1,DESA LODERESAN,1,DESAIN,1,DESAING,2,DEWA,1,DisneyLand,1,DIVIDEN,1,DOKTER,6,Dokter Gigi,3,Dokter Hongkong,3,DOKTER KANDUNGAN,3,DOKTER KEWANITAAN,1,DOKTER KULIT,1,Dokter Mata,1,DOKTER TELINGA,1,DOKTER THT,1,Dokter Umum,1,DOLAN,1,DONG YUAN,1,DONGENG,1,DORAEMON,2,DOSIS 3,1,DOWNLOAD,2,DRAMA KOREA,1,DZULHIJJAH,1,EAST COAST PARK PRECINCT,1,EFEK,1,EKSPEDISI,3,ELNUSA,1,ELSA,1,EMAIL,1,ENDORSE,2,ENSLIKOPEDI,1,EROR,1,ESAI,1,EXPIRED,1,EXTEND VISA,1,FACEBOOK,2,FANBASE,1,FANTASI,1,FDH,1,FEBRUARI,1,FENDY PONOROGO,1,FESTIVAL,1,FIKSI,1,FILM,1,FILM PENDEK,4,FIQIH,1,FIRST CLASS,1,Flash Fiction,1,FLOWERSHOW,2,FOOD,1,FOOD BLOGGER,1,FOODPANDA,1,FOODY,1,FORMULIR,1,FOTO,1,FOTO PRODUK,1,FREE,2,FRIENDSWITHYOU,1,FROG DOLL,1,FROZEN FOOD,1,GAJI,1,GANTI ATM,2,GANTI BARU,1,GANTI KARTU ATM BNI,1,GARAM,1,GERBONG,1,Gigi,5,GIVEAWAY,1,GMAIL,1,GOLDEN BAUHINIA,1,GOOGLE,1,GOV,2,GRASINDO,1,GRATIS,5,GREEN SCREEN,1,Greysia Polii,1,GULUNG,1,HA PAK NAI,1,Hack,1,Hadiah,4,HAK HAK PRT,1,HAK PRT,1,Halal,3,HALLOWEEN,1,HAMSTER,1,HARBOUR CRUISE,1,HARDISK,1,HARI LIBUR,1,HATI HATI DI JALAN,1,HATI-HATI,1,HELLOWEN,1,HEMAT,2,HEWAN,1,HILANG,1,HIMALAYA,1,HIMALAYAN ROCK SALT,1,Hong Kong,49,Hong Kong Avenue of Comic Stars,1,Hongkong,82,HOTEL,1,HOTLINE,1,HUAYI HOTEL,1,HUNG LOK,1,HUNGHOM,2,HUT RI,1,ID CARD,1,IDUL ADHA,1,IKAN GILING,1,IKEA,1,IKLAN DIBATASI,1,IKONIK,1,Ilmu Komputer,4,IMIGRASI,1,Imlek,1,IMUT,1,INDEX,1,INDONESIA,15,INF,1,INFO,41,INFO BMI,44,INFO DOKTER,14,INFO LOMBA,1,INGGRIS,1,INI YANG TERAKHIR,1,INSTAGRAM,1,ISLAMI,4,JADWAL,4,JAJANAN DESA,1,JANGAN KALAH,1,Jao Tsung-I Academy,1,JASA,1,JASA PAKET,8,JASA PAKET LUAR NEGERI,2,JASA PAKET. LUAR NEGERI.,2,JASON DAVIES,1,JEPANG,1,JERAWAT,2,JOCKEY CLUB,1,JOJOBA,1,JOMBLO,1,JORDAN,1,JP BAI,4,JPBAI,6,JUALAN,1,JUARA 1,2,JUS AMMA,1,JUZ AMMA,3,JUZ KE 30,1,KAEDAH,1,KAI YIK,1,KAIDAH,1,KAIDAH PRAKTIS,1,KAISI,1,KALENDER,1,KALIMBA,2,KAMAR,1,KAMAR TIGA SATU DELAPAN,1,KAMU,1,KAMUS,1,Kandungan,4,KANG HA NEUL,1,KANGKUNG,1,KANKER PAYUDARA,1,KANTONIS,2,KARAKTER,1,KARANTINA,4,KARAOKE,1,KARNAVAL,1,KARTU ATM,1,KARTU ATM BNI,1,KARTU NAMA,1,KARTU SETAN,1,KARYAWAN,1,KASUS,4,KASUS BARU,2,KASUS COVID,3,Kecantikan,1,KELILING HONG KONG,1,KEMATIAN,1,KENAPA SEDIH?,1,KENNEDY TOWN,1,KERETA,1,KERETA API,1,KERING TEMPE,1,KESEHATAN,1,KIRIM BARANG,1,KIRIM FROZEN,1,KISAH,1,KISAH ISLAMI,1,KISAH TELADAN,1,KISTA,1,KITAB,1,KJRI,9,KLASTER COVID,1,KOBE,1,KODE OTP,1,Kompas TV,2,KOMPUTER,5,KONSELING ONLINE,1,KOSMETIK,1,KOTEMA,1,KOWLOON,1,KREASI,1,KTKLN,1,KTP HONGKONG,1,KUBIS,1,KUIL,1,KUIS,2,KULINER,9,Kulit,4,KUMPARAN,1,KUPON,1,KURA KURA,1,KURS,1,Kursus Gratis,1,KUTU RAMBUT,1,LABOUR,1,LABU,1,LAGU,1,LAGU HANTU,1,LAI CHI KOK,1,LAKON,8,LANCAR BACA,1,LANGIT,1,LANSIA,2,LAPORAN,1,LAPORAN KASUS,1,LAYANAN,2,LAYANAN BARU,1,LEBARAN,2,LELAKI DARI MASA LALU,1,LEM KAYU,1,LEM TIGER,1,LENGKAP,1,LENS KIT,1,LENTERA QALBU,1,LIBUR,1,LIEN OI,3,LINK,1,Lipstik,1,liputan,1,LIVE,1,LOCAL,5,LOCKDOWN,5,LODERESAN,1,LOMBA,9,LUAR NEGERI,5,LUCU,1,LUNAR NEW YEARS,1,MAAF,1,MACAU,1,Madam Tussaund,1,MADE THAILAND,1,MAKANAN,5,MAKE UP,3,MAMA,4,MAMMOGRAM,1,MANDARIN,1,MARET,2,MASA BERLAKU,1,MASA DEPAN,1,MASAK,2,Masakan,4,MASAKAN HONG KONG,1,MASAKAN INDONESIA,1,MASJID,1,Masker,1,MASUK INDONESIA,1,MASYARAKAT,1,MAYYA TOWER,1,MBANKING,5,MBLO,1,MC DONALDS,1,MEDALI EMAS,1,MEIFOO,3,MENDULANG PAHALA,1,MENGENANGMU MELUKAIKU,1,MENGHILANGKAN JERAWAT,1,MENINGGAL,2,MENTIMETER,1,MENYENANGKAN,1,MERAH PUTIH,1,META,1,METODE,1,MIC,1,Microsoft Excel,1,Microsoft Word,2,MIGRAN,1,MO,1,MO LIMO,1,MOBILE BANKING,2,MODUS,3,MODUS PENIPUAN,2,MONGKOK,2,MONGKOK EAST,1,MONKEY LEARN WORDCLOUD GENERATOR,1,MONUMEN,1,MOON PALACE,1,MOTIVASI,1,MOTO,1,MOTRET,2,MP3,1,MTR,4,MUKHTAROT,1,MURAH,6,Museum,4,musik,1,MUSLIM,1,MUSLIMAH,1,MY DOLL,1,N501Y,1,NABI,1,NABI ISA,1,NASI GORENG,1,NASIHAT MULIA,1,NFO DOKTER,1,NGAU CHI WAN MARKET,1,NIKON,2,NOMOR PENTING,1,NORTHPOINT,1,NOTICE,2,NOVEMBER,3,NUSANTARA,1,NYESEK,1,NYI RORO KEMBANG SORE,1,OCEAN PARK,1,OKTOBER,1,OLAHRAGA,2,OMICRON,3,ONE MONTH NOTICE,1,ONLINE,1,Opini,1,ORANGTUA,1,ORIGINAL,1,OTE OTE,1,OTP,1,PADA SENJA,1,PAGODA,1,PAISAN,1,PAKET,4,PAKET BARANG,2,PAKET BUKU,2,PAKET BUKU MURAH,1,PAKET COD,1,PAMERAN,1,PAMIT,1,PANDEMI,1,PANDUAN,1,PARLEMEN,1,PASAR,2,PASAR BASAH,2,PASAR SHATIN,1,PASAR TAI WAI,1,PASIEN COVID,1,PASKIBRA,1,PASPOR,2,PASPOR. GADAI,1,PASSWORD,1,PAWONE BIYUNGKU PATLIKUR JAM,1,PAYMENT,1,PEKERJA RUMAH TANGGA,2,PEKERJAAN,1,PELAJARAN TAJWID LENGKAP,1,PEMERASAN,1,PEMERINTAH,2,PEMIMPIN DUNIA,1,PEMUDA,2,PENGANTIN,1,PENGATAR TIDUR,1,PENGGATIAN HK ID,1,PENGUMUMAN,4,PENIPUAN,3,PENNY BAY,1,PENUTUPAN WAJIB,1,PEPE,1,PERATURAN,1,PERAWAT,2,PERBANKAN SYARI'AH,1,PERDAGANGAN,1,PERJALANAN,1,PERTUNJUKAN,1,PESAWAT,1,PESTA KEMBANG API,1,PESTA LAMPU,1,PET,1,Photoshop,8,PIKIR,1,PING SHAN,1,PLAYDAY,2,PMI,3,POLAROID,1,POPULAR SOUND,1,POSITIF,11,POSITIF COVID,6,Post,1,Post Office,1,POTONG RAMBUT,1,power point,1,PRAKIRAAN CUACA,1,PRAKTEK SHALAT,1,PRAKTIS,1,PRIME CREDIT,1,PRODUK,1,Produk Local,1,PROGRAM,1,PROMOSI,1,PRT,1,PUBLIC HOLIDAYS,1,PULANG,1,PUPPET,1,QQP,30,QQP JASA PAKET,30,QQP JASA PAKET LUAR NEGERI,30,RADANG TENGGOROKAN,2,RAMADHAN,1,Rambut,1,RAMBUT PALSU,1,RASULULLAH SAW,1,RATE,1,RBLQ,1,RECOR BARU,1,REKOR COVID,1,REOG,1,RESEP,8,RESTAURAN,2,RESTORAN,1,RETOUCHING,1,REVIEW,2,RIBA,1,RINGKASAN,1,ROYAL BRUNEI,1,RRI,1,rubik,1,RUMAH BACA,1,RUMAH SAKIT,1,RUMAHAN,1,RUTE,1,SAD,1,SAHABAT SETIA SMARTONE,1,SAHAM,7,SAHUR TIME,1,SAKIT KRONIS,1,SAKSI,1,SALT,1,SAMA MARAH,1,SASTRA,1,SATGAS COVID 19,2,SAWI,1,SAWI GULUNG MIE,1,SAYAP AYAM,1,SCREET GARDEN,1,SEBUAH CERITA,2,SEBUAH JAWABAN YANG MENYAKITKAN,1,SELAMAT PAGI,1,SELF FORGIVENESS,1,SENJA,1,Seputar BMI,29,SEPUTAR HONG KONG,2,Seputar Hongkong,26,SERBA,1,SERBASERBI,33,SF EXPRESS,1,SHALAT,2,SHam Shui Po,1,SHATIN,1,SHING YU HOUSE,1,SHOLAT,2,SHORTS,1,SILUET SENJA,1,SIN CHAN,1,SINGO WIROMO,1,SKIN,1,SKINCARE,1,SMART HONGKONG IDENTITY CARD,1,SMART ID,2,SMARTONE,1,SMS VERIFIKASI,1,SONG,1,SOUND,1,Sound Effect Music,1,SRI,1,STAF,1,STAF POSITIF,1,STAY AT HOME,1,STREET FOOD,1,STRUK,1,SUHU,1,SUKA SUKA,1,SUNNAH,1,SUNRISE,1,SURAT EXTEND,1,SURAT MAJIKAN,1,SURAT TERMINATE,1,SYARAT,3,T8,1,TABUNGAN,1,TAGCROWD,1,TAGXEDO,1,TAHU BULAT,1,TAHUN BARU,1,TAI KWUN,1,TAIPO,3,TAIPO MARKET,1,TAJWID,3,TAK WAH PARK,1,TAMAN BERSEJARAH,1,TAMAN HIBURAN,1,TAMAN TERSEMBUNYI,1,TAMBAL GIGI,1,TANYA JAWAB,1,TARI TRADITIONAL,1,TARIF,1,Tat Tak Communal Hall,1,TAXI,1,TEH BOTOL SOSRO,1,TELESKOP,1,TELINGA,1,TEMPAT IBADAH,1,TEMPAT MAKAN,1,TENDA BIRU,1,TENTANG HONG KONG,1,TERATAS,1,TERBARU,3,TERBLOKIR,1,TERJEMAHAN,1,TERONG,1,TES COVID-19,1,TEST,1,TESTIMONI,1,THE FROG,1,THE INDONESIAN CLUB,1,THE SYMPHONY OF LIGHTS SHOW,1,TIKET GRATIS,1,TIN SHING COURT,1,Tin Shui Wai,4,TINGKAT NASIONAL,1,TINJAUAN KRITIS,1,Tips & Trik,1,Tips & Trik Blog,7,TKI,2,TKW,2,TKW HONG KONG,1,TOKO AMIN,1,TOKO INDONESIA,1,TOKO MANTAP,1,TOKO MERY,1,TOKO MITRA INDO,1,TOKO SCORPIO,1,TRANDING TOPIK,1,TRANSAKSI,1,TRAVELER,3,TRAVELING,23,TRAVELING. YOUTUBE,1,Trip,1,TSIM SHA SHUI,1,TSIM SHA TSUI,1,Tsim Tsa Shui,1,TSING YI,1,TSUEN WAN,2,TSUI,1,TSUI SING LAU,1,Tubuh,2,TUEN MUN,3,TUENMUN,1,TULIS,1,TULUNGAGUNG,1,TULUS,1,TUMAN,1,TUMO,1,TUMPENG,1,TUNG YICK MARKET,1,TUNTUNAN SHALAT,1,TURUN,1,tutorial,1,TUTUP,2,TUTUPP,1,twingkle twingkle little star,1,UKURAN SAKU,1,ULAMA SALAF,1,ULANG TAHUN,1,ULTAH,1,UMKM INDONESIA,1,UNBOXING,1,UNDANGAN PERNIKAHAN DIGITAL,1,UPAH,1,UPDATE,7,USG,2,UTHK,1,VAKSIN,3,VICTORIA HARBOUR,1,VIDEO PROMOSI,1,VIRAL,1,Virus,4,VLOG,2,VOI,1,VOICE OF INDONESIA,1,WA,1,WAH FU ESTATE,1,Wajah,1,WAJIB,1,WAKTU VAKSIN,1,WAN CHAI,1,WANCHAI,2,WANITA,1,Wardah,1,WARNA,3,WARTEG,1,WARUNG,1,WARUNG LAYANAN,1,WASPADA,1,WEBTOON,1,WECHAT PAY,1,WESTERN UNION,1,WESTKOWLOON,1,WET MARKET,2,WHAMPOA,1,WHATSAPP,2,Widget,2,WIG,1,WNI,2,WONDERFULL,1,WORD,1,WORDART,1,WORDCLOUDS,1,WORDITOUT,1,YAU TONG,1,YAUMATEI,1,YE JOI,1,youtube,11,YOUTUBER,1,YOUTUBER CHALLENGE,1,Yuen Long,8,YUKASIN,1,YUMI CELL,1,ZHIANG ZIE YIE,2,ZIYA,2,ZULKIFLI HASAN,1,
ltr
item
Zhiang Zie Yie: Cerpen Festival Sastra Migran Indonesia (FSMI) : Janji Pelangi Di Banyu Mulok
Cerpen Festival Sastra Migran Indonesia (FSMI) : Janji Pelangi Di Banyu Mulok
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVcPsZTRo5Kml-bhP69IklZRfnRJzZ5xj1M9sM0Ds73oDdHA6g2d3dAPFs5vbc4TfXa51Z4mIWaLhEkj8LlwyElPtn8g2fsJa3UJnmSZpGl-OHruOv_8TvmiOHYAse3p4XHf40pqUEulZm/s400/P_20170205_182727.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVcPsZTRo5Kml-bhP69IklZRfnRJzZ5xj1M9sM0Ds73oDdHA6g2d3dAPFs5vbc4TfXa51Z4mIWaLhEkj8LlwyElPtn8g2fsJa3UJnmSZpGl-OHruOv_8TvmiOHYAse3p4XHf40pqUEulZm/s72-c/P_20170205_182727.jpg
Zhiang Zie Yie
https://www.zhiangzieyie.com/2017/04/cerpen-festival-sastra-migran-indonesia.html
https://www.zhiangzieyie.com/
https://www.zhiangzieyie.com/
https://www.zhiangzieyie.com/2017/04/cerpen-festival-sastra-migran-indonesia.html
true
3263550911380837102
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy