Monday, March 13, 2017

Cerita Seru : Donor Darah Di Hongkong.

"Give Your Blood, Save Them Life"

          Banyak orang yang takut dan enggan mendonorkan darah mereka di "REd Cross Blood Transfusion Servis." Alasan utama yang biasa saya dengar adalah efek setelahnya.

          Gimana nanti kalau setelah donor darah, kita tiba-tiba pingsan, pusing atau justeru nggak bisa beraktifitas seperti biasanya? Kan malah repot.

         Saya sungguh memahami hal itu. Dulu, sewaktu masih menginjak SMK, saya juga pernah menolak untuk mendonorkan darah ketika ada edaran di sekolah yang akan mengadakan penggalangan donor darah. Apa sebab saya menolak? Bukan karena takut jarum atau apa. Itu karena, sewaktu SMP saya menonton Telenovela tentang seorang aktor yang menderita penyakit AIDS ketika menggunakan jarum suntik sewaktu donor darah. Dalam film tersebut si tokoh menderita penyakit AIDS setelah penggunaan jarum suntik.Aku sudah ngeri-ngeri sedap membayangkannya waktu itu. Walau pada akhirnya penggalangan darah itu tak jadi dilangsungkan.

        Bahkan tak hanya itu saja, di buku SD yang saya baca ketika itu, tengah menceritakan seorang anak yang tak lagi mendonorkan darahnya ketika mengetahui bahwa salah satu kerabatnya yang sakit justeru tidak bisa mendapatkan darah dengan instan. Kedua cerita inilah yang membuat saya-kala itu- enggan memberikan darah, Sampai akhirnya, ketika saya berada di Hongkong, niatan itu justeru menggebu. Entah, dari mana datangnya.

       Pertama kali mau donor sempat deg-deg-an juga. Pasalnya This is frist time for me. Takut kenapa-napa, itu pasti. Siang itu, selepas mengantar nenekku ke kuil, aku bergegas ke Hongkong Red Cross Blood Transfusion Servis yang ada di daerah Tsuen Wan, New Terretoris. Berbekal dengan kesiapan itulah, dengan PDnya aku masuk lalu mengisi form yang telah disediakan di sana.


Form Pas Mau Cek Darah  Bisa minta yang pakai Basaha Inggris. Ini yang gagal.



Fit Buat Donor Darah
     Setelah itu, cek darah, apakah bisa untuk donor darah atau tidak. Ketika itu, aku dinyatakan unfit untuk donor. Pada waktu itu, karena nggak paham bahasanya, aku cuma nurut aja sih. Karena patah hati nggak diterima itulah, aku ngambeg :D selang beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 2016, aku mencoba peruntungan lagi. Alhamdullilah, dinyatakan Fit dan bisa untuk donor darah.

     Seperti biasa, setelah isi Form dan melewati beberapa prosedur pemeriksaan, aku mendapatkan giliran untuk diambil darahnya. Prosesnya nggak lama kok. Paling cepat 15 menit. Itupun kalau nggak antri ya. Tapi biasanya ya emang cepet. Aku sih nggak ada foto pas transfusi, soalnya nggak ada temen pas ke sananya.

     Nah, setelah selesai, kita bakalan dikasih bingkisan. Setiap district beda sih. Pas awal dulu, aku dikasih Cup sama bros. Oh ya, nggak cuma itu, kita juga bakal ditawarin mau minum apa plus bisa ambil biskuit buat tambah stamina. Kalau aku sih milih minum coklat panas. Kenapa coklat? Karena coklat panas itu bisa menetralisir darah. Bikin mode jadi lebih baik juga.




It's my first time in here
Give your Blood 
Ini adalah penampakan Give-nya pas pertama kali bisa nyumbang darah. :D seneng banget deh pas waktu itu. Nggak kebayang, soalnya udah ngalamin penolakan sih. Yah, macam kamu ditolak mantan, eh pas berusaha lagi kalian diterima. Tapi khusus donor ini jangan disamain dengan mantan ya :D nggak sama banget deh. Soalnya, pas kita buang mantan, mereka cuma bisa nge-save beberapa pasangan aja. Lah kalau kita, ngebuang darah kita -dalam artian donor- bakalan nge-save tiga orang sekaligus :D nggak kebayangkan kalau setahun kita ngebuang darah 3 kali :D udah berapa banyak orang yang kita save.



My First Step To Saving Live
        Ya, itu adalah penampakan sebuah perjuangan untuk donor darah di Hongkong. Nah, setelah beberapa minggu sejak kalian donor, kalian akan mendapatkan sebuah kartu donor atau DID (Donor Identity) yang bakal dikirim ke rumah majikan. Paling lama sih 1 bulan. Kalau aku sih kemarin sekitar 1 mingguan sejak donor darah. Kok cepet? iya karena deket sih jarak antara rumahku sama tempat donornya. Tinggal jalan kaki aja sampai

DID Gol O+

Penampakan DID yang dikirim via pos


   Senengnya itu, kalau sudah dapat yang beginian. Jadinya, kita juga lebih semangat lagi buat donornya.

   Oh ya, untuk donor darah bisa kalian lakuin 3 bulan sekali. Nggak bakalan bikin kalian lemes kok. Malahan bisa bikin kalian, merefresh darah. 

    Oh ya, untuk donor darah, bisa kalian lakukan setiap 3 bulan sekali. Nggak bakalan deh bikin kalian jadi lemes. Asal ya sebelum donor, kalian matuhin semua prosedurnya. 

   



Menu yang bisa kalian makan untuk meningkatkan Hemoglobin sebelum transfusi darah

       Merefresh darah itu penting. Jadi jika kalian donor darah secara otomatis kalian juga telah merefresh jalannya aliran darah kalian. Darah kita itu juga butuh untuk diperbaharui loh. Selain itu, kita juga bisa membakar kalori dalam tubuh saat donor darah. dan juga bisa mengurangi risiko penggumpalan karena darah kita menjadi lebih encer.

 
      Ada lagi, kita bisa check up gratis dan juga membuat hatika menjadi lebih bahagia karena telah berhasil membantu sesama. Manfaat lainnya lagi adalah membuat kadar zat besi atau Fe menjadi lebih stabil karena darah lama dikeluarkan dan terjadi proses pembentukan darah baru. Kondisi ini bisa membuat kondisi jantung menjadi lebih sehat.

      Siapa tahu juga, setelah donor kita bersih dari sisa-sisa darah masala lampau. pun juga bisa membuat sisa-sisa kenangan kita juga ikutan direfreshin. :D seneng dong kalau kenangan itu bisa mengrefresh setelah donor. Apalagi kalau kenangan pahit Paling nggak, tentang mereka yang pernah menghianati kita :D Eh kok jadi nggak nyambung gini.

      Next.....

Third Day after Donor See U Again 
Kartunya seperti ini. Jika nggak dikasih boleh minta :D

     Setelah mendapatkan dua kartu di atas, kita juga akan dikasih note buat kapan kita donor lagi. Hal ini memudahkan kita, agar tahu pasnya kapan kita donor. Kalau kurang dari waktu yang di jadwalkan, bakal ditolak. Pas waktunya donor -Second Time-, dikertas ini ditulis 21 Nopember 2016, tapi pas datang ke sana ternyata nggak boleh :D alasanya, belum waktunya. Yah, akhirnya besuknya gitu ke sana. Kalau foto di samping ini, pas ketiga kalinya aku mau donor, tapi ditolak gegara nggak fit. Dan dikasih waktu 2 minggu lagi buat cek. Emang sih, kondisi badan emang lagi nggak stabil pas itu. Nyoba peruntungan aja, kirain bakalan lolos, eh ternyata nggak :D emang, nggak bisa ditipu kok negeri tirai bambu ini.
Give Me Five But Now, Im in Third Time's
      Ini aku udah mau yang ketiga kali.  "Three WIll Be Better." Kurasa emang jauh lebih baik dan pastinya membuat orang senang bisa datang lagi ke tempat itu.

    Kartu ini, diberikan pas saat kamu pertama kali donor. Akan lebih membahagiakan jika sudah sampai puncaknya. :D And say's "Give me Five."


           
     
Second Time After Donation

Lest Drink before Go Home




















































     Ini penampakan kedua setelah donor. Dapat Savety Phone. Lumayan juga nggak perlu beli.

     Kalau aku sih lebih suka pin-nya itu. Berasa kek gimana gitulah memandangnya.

     Jangan lupa ya, sebelum donor, usahakan istirahat cukup, makan yang banyak -seenggaknya tak membiarkan perut kosong.











Alamat Red Cross Di Hongkong

    




 Foto di samping adalah alamat yang bisa untuk donor darah. Cari yang terdekat saja. Atau pas libur, bisa ke beberapa stand yang membuka transfusi masal. Tapi saran aja sih, mendingan langsung ke kliniknya. Selain lebih higienist, ini bisa menetralisir kuman-kuman yang terbawa lewat angin. Kalau transfusi di luaran sih aku takutnya gitu. Tapi nggak tau juga sih, kepercayaan orang kan masing-masing.         







Contact Red Cross di Hongkong

  
 Nah, bagi kalian yang ada di Hongkong, nggak ada salahnya juga buat nyobain donor darah. Dan rasakan sensasi setelahnya. lupa minum air putih yang banyak, baik sebelum dan sesudah transfusi darah.  


At least, tidak ada  salahnya untuk mencoba. Donor Darah Sama Halnya Memberikan Kehidupan Bagi Orang Lain

3 comments:

  1. Kak tempat donor darah di hongkong dimana?

    ReplyDelete
  2. Kak tempat donor darah di hongkong dimana?

    ReplyDelete
  3. Ada dibeberapa tempat mbak, mbak e zoom foto terakhir dari bawah itu

    ReplyDelete

Featured Post

Cara Cepat Buat Barner Promosi Di Adobe Photoshop CC 2019

Jasa pembuatan barner, memang banyak sekali dicari akhir-akhir ini. Resep ini aku dapat dari buku Photoshop CC the missing manual karya Les...