Monday, March 13, 2017

Serba Serbi Pembuatan Paspor di KJRI Hongkong

“Berangkatlah pagi, biar masalah paspormu cepat diatasi.”

Mungkin, inilah bayangan sebagian orang yang akan membuat paspor di KJRI Hongkong. Karena waktu yang terbatas inilah yang membuatku pagi 28 Februari 2017 memutuskan untuk sesegera mungkin berangkat ke KJRI Hongkong  yang ada di Cause WayBay.

Setengah berlari dan naik, turun anak tangga, akhirnya masalah paspor ini tinggal menunggu hari penerimaan saja. Semoga tidak ada salah data atau koreksi dalam membuat paspor yang penuh dengan perjuangan ini. Pasalnya, sedikit khawatir jika ternyata paspor yang sejatinya harus ada di tangan dua minggu nanti akan salah tulis seperti yang terjadi pada mbak-mbak yang pada waktu bersamaan mengeluh bahwa nama dalam paspornya kurang satu huruf.

”Kurang satu nama bisa diganti kan?”

“Bisa, tapi itu semua juga butuh waktu lagi.”

Semoga punyaku nanti tidak salah data. Amin. Ok, cerita singkatnya bisa dibaca setelah nyruput coklat.

Ah…….

Ehem…. Buat paspor sebaiknya berangkat pagi. Paling nggak setengah jam sebelum pintu KJRI Hongkong terbuka kamu sudah di sana. Setidaknya, cara ini bisa membuat kamu tidak menanti jatah panggilan foto pada sore harinya. Karena jika kita dapat antrian pada nomor urut 66 dan seterusnya, bakalan dapat antrian foto setelah jam makan siang. Atau lebih tepatnya jam 2:30 PMHK. Bagi yang nggak libur macam aku ini, waktu segitu bisa membuat kepala menjadi pening 😃😃😃

Agar kalian nggak wara wiri naik turun tangga KJRI, sebaiknya sebelum hari H pembuatan paspor, kalian sudah memfoto copy semua persyaratannya dulu di tukang foto copy di daerahmu. Soalnya, di Cause waybay banyak sekali antrian. Ini akan membuat kendala memperlama masa antrian kita.

Syaratnya apa aja?

- Booking Dulu via App ( E- Layanan KJRI HONGKONG) atau via Loket  KJRI Hongkong Cause WayBay 
   

Booking Paspor Via App       






F         Form pembuatan paspor (yang bisa di download atau minta di loket bawah samping KJRI)

Contoh Isian FORM 

             - Foto copy ID hk/KTP HK

KTP HONGKONG 

            - Foto copy paspor halaman depan dan dua halaman terakhir paspor. (jadi untuk yang dipaspor di foto copy masing-masing satu lembar. Total yang dicopy = 3 lembar)

Halaman Depan Paspor

Halaman Kedua Dari Belakang

Halaman Terakhir 

 - Foto copy kontrak kerja (masing-masing di copy perlembar. Jangan bolak balik}


Kontrak KErja (Sekarang Warna BIru)




-          - Bagi yang nggak mau ribet seperti aku bisa beli amplop warna hijau seperti foto di bawah nanti di kantor pos. Biar kita nggak perlu repot-repot ambil ke CWBY. Harganya $31.5

Amplop Surat 


$ 31.5

Isi Form pembuatan paspor menggunakan tinta hitam. Biru juga boleh. Asal nggak selain dua warna ini. Kemarin, gegara ada info harus pake bolpoin hitam jadinya aku turun. Tapi setelah sampai bawah ternyata boleh pakai tinta biru. Asem kan. Mana kudu atur nafas lagi. Naik tangga lagi. Hadeeeehhhh perjuangan.

Ah, ya perjuangan belum berakhir. Antri dengan tertib di barisan. Alhamdullilah kemarin walau nggak terlalu antri banyak, tapi ternyata urutan antrian fotoku sudah mencapai nomor 62. Aku cukup bersyukur karena dapat nomor itu. Alasan utamanya karena nggak perlu nunggu sampai lepas waktu makan siang si petugas.

Contoh Nomor Antrian FOTO Biometrik



Nah, setelah dapat nomor antrian ini, kita masih nunggu lagi buat foto. Setidaknya, kemarin aku menunggu sampai kurleb 90 menitan. Dapat foto sudah pas hampir jam 1 an gitu. Nah, pas nunggu ini, aku turun lagi. Nyelesain beberapa masalah yang harus segera teratasi. Ambil buku paketan plus nyairin hadiah dari FLP HK di BRI :D lumayan daripada suntuk Cuma duduk diem di KJRI.

Setelah semua selesai, aku naik lagi. Eh bujubuneng ternyata masih juga belum tiba giliran foto. Yah, walhasil dapat temen buat ngrumpi. Dia yang cerita ini itu sih. Aku Cuma ngebalas seperlunya :D dan mendekati tiba nomor urutku, aku pun maju ke samping pintu. Proses foto nggak lama. Oh ya, aku belum cerita bahwa boleh pakai jilbab loh :D ntar sama si tukang foto diarahin.

Setelah itu bayar ke Bank BNI yang ada di samping KJRI. Bayarnya $280 sudah sama ongkirnya $10. Ini untuk paspor isi 48 halaman. Sepertinya semua sih $280 soalnya yang 24 halaman itu kayaknya sudah tidak dipilih di sini.

Untuk yang dikirim lewat pos, masalah belum kelar sampai di situ. Karena setelah bayar di bank BNI, kita harus kembali lagi ke KJRI untuk menuliskan data pengiriman sambil menyerahkan amplop warna hijau yang dibeli dari kantor pos. Beruntungnya, aku. Pas waktu itu masih ada penjaga KJRI yang belum makan siang. Soalnya lepas itu pegawainya udah nggak ada :D

Oh ya, untuk pelayanan pembuatan paspor ini harus booking dulu. Bisa lewat APP KJRI Hongkong atau juga bisa daftar di loket yang ada di bawah samping tangga masuk KJRI itu. Kalau kamu belum tahu tempatnya, sebelum masuk dan naik tangga  itu, kamu jalan lurus aja. Paling kisaran 5-10 langkah.

Untuk yang “By Post” waktu terima Paspor baru kurang lebih 2 minggu. Punyaku 13 hari sampai di tangan. Dari masa pembuatan paspor  tanggal 28 Februari 2017, dan aku terima tanggal 13 Maret 2017. Daripada ke KJRI sih emang mending pake Post. Kita tinggal duduk di rumah, ntar pak posnya datang bawa tuh surat. Tapi bagi yang takut by post dan punya banyak waktu luang wara wiri. Yah, nggak ada salahnya buat ngapelin KJRI kan? :D Cerita lengkapnya ntar aja di Next Episode
   

Ingat, untuk mempercepat segalanya, lebih baik persiapkan betul data kalian. Semoga pembuatan paspor nggak ada kendala apapun. Amin….

2 comments:

  1. Hahahaha memang boleh bolpoint biru ingat form nya bukan form elektrik mbk

    ReplyDelete
  2. Hahaha aku kena hasut mbak kemarin. Haduuuhh. Kayak e kok beda formnya yang di web itu. Kemarin aku lihat, kok buat perancis atau gimana ya

    ReplyDelete

Featured Post

Q