Sunday, February 18, 2018

Angpao

Filosofi Angpao -  Angpao (Hanzi: 紅包, hanyu pinyin: hong bao) adalah amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek. Orang China atau Warga Tionghoa selalu menyediakan amplop merah ini di saat-saat tertentu. Seperti saat pernikahan, Sebagai babu teladan, tentu aku nggak bakal menyia-nyiakan kesempatan yang hanya setahun sekali terjadi. Yaps, seperti biasa, aku dan sekawanan imigran di Hongkong yang nggak libur lebih memilih untuk nambang angpao saat hari raya imlek tiba.

Ya, setiap orang sih berbeda-beda dapatnya. Kadang ada yang udah gempor bin lempoh saat menjelang dan setelah imlek, namun cuma dapat $100. Hiks... Ya, biasanya tiap orang beda-beda ngasihnya. Ada juga loh cerita embak-embak yang udah bahagia eh ladalah amplopnya kosong. wkwkw. Nyesek keles. Udah semangat empat lima, eh lha kok kosong.

Kalau aku? mayan sih. Bisa buat beli Mas J Prime tapi nombok seribu 😂😂😂😂😂 Nggak apalah ya, yang penting harus disyukuri. Berapapun dapatnya.



Lebaran tahun ini, sedikit berkurang dapat Angpaonya. Gegara kakek meninggal, jatah buatku menurun nggak seperti tahun-tahun sebelumnya. Apalagi pas tahun kemarin, malah nggak dapet gegara kakek meninggal pas H-2 lebaran. Majikanku bilang, "saat ada kematian, maka nggak ada acara nerima tamu. So, saat itu, rumahku nggak ada yang bertamu. 😩😩😩

Isi dari angpao sendiri berbeda-beda. Kayak yang aku dapatkan ini, hiks $10 kalau di kurskan dengan rupiah, sekitar Rp. 17.000. Mayan buat beli pentol bakso. hahaha ya kalau ndik sini sih nggak boleh cing. Pentol bakso mehong. Apalagi kalau merknya Cap Gomeh, Eh sorry... Cap Arema yang emang tergolong mahal di Hongkong sini.

Nah, nggak sembarang orang loh bisa memberi angpao. Angpao hanya diwajibkan untuk orang-orang yang sudah menikah saja. Kayak majikanku yang dulu, udah 50 tahun dan nggak nikah, beliau juga nggak ngasih aku angpao. hmmm... dulu aku pikir pelit wkwkwkw... eh ternyata setelah aku tahu, bahwa orang yang belum menikah seberapapun umurnya nggak boleh ngasih angpau. Jadi, buat kalian yang JONES alias Jomblo Ngenes, berbahagialah jika kalian ada di negeri Bahuinia ini. Soale kalian bakalan dapetin angpao seberapapun umur kalian. 😎😎😎😆😆😆😆

Imlek tahun ini, kalian dapat berapa?


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Cara Cepat Buat Barner Promosi Di Adobe Photoshop CC 2019

Jasa pembuatan barner, memang banyak sekali dicari akhir-akhir ini. Resep ini aku dapat dari buku Photoshop CC the missing manual karya Les...