Sunday, February 11, 2018

Cara Memasang Kode Iklan Di Blog

Cara Memasang Kode Iklan Di Blog - Sebenarnya, aku sudah ingin ngepost tulisan ini beberapa waktu lalu, setelah diterima Adsense secara penuh alias Full Approved. Tapi sayang, keterbatasan waktu membuat tulisan ini nggak jadi-jadi. Ini kali kedua, akun Jemari Go-Blog ini diterima oleh adsense. Dulu, sebelum ini pakai domain TLD, aku pernah daftar, namun masih memakai akun hosted. Pengertian akun Hosted dan Non Hosted bisa kalian baca nanti di kesempatan yang lainnya.

Ada berbagai macam cara untuk memaksimalakan pendapatan adsense di blog kita. Biasaya banyak pemilik blog yang memasang iklan di atas (baik di bawah atau samping judul blog), di samping (widget) dan di dalam postingan. 

Awalnya sempat bingung. Gegara, penempatan iklan di blogspot yang sekarang update ini terbilang rumit. Sebelum adsense update, kita tinggal ngeklik penempatan iklan di dashboard blog (bagian $ Earning) dan mengklik tempat mana yang ingin diletakkan kode adsensenya. Namun sayangnya, cara ini sekarang tidak bisa digunakan. Itu sih yang kualami setelah diterima adsense. Tapi bagi yang mau menggunakan cara ini, silahkan ikuti petunjuk yang aku tulis berikut ini. 

Cara Memasang Kode Iklan Adsense Di Blog

1. Memasang Kode Iklan Lewat Dashboard Blog

  • Untuk pemasangan ini, sepertinya sudah tidak bisa digunakan. Tapi bagi yang masih bisa atau mau aku akan memberikan petunjuk kepada kalian. Carany, Masuk ke Dashboard blogger dan $ Earning 


  • Klik Yes untuk menampilak sesuai nomor 3 di atas. Dan kalian bisa memilih penempatan iklan sesuai yang kalian inginkan. Recomend buat milih yang paling kiri. Contoh bisa dilihat di gambar tadi.
  • Klik Save Setting jika dirasa semua sudah kalian anggap betul. Tunggu beberapa saat maka iklan akan muncul dengan sendirinya.
  • Jika cara ini tidak berhasil atau mengalami troubel. Kalian bisa menggunakan cara kedua berikut ini. 

Catatan:

  1. Display ads below my posts and in the side bar : artinya iklan akan tampil di sidebar blog dan di bagian akhir postingan. 
  2. Display ads below my posts only : ikan hanya akan muncul di bagian bawah atau akhir postingan.
  3. Display ads below in the side bar only : iklan hanya akan tampil di sidebar blog


2. Memasang Kode Iklan Lewat Dashboard Google Adsense

Cara ini yang aku pakai sewaktu cara pertama tidak bisa aku terapkan. Cara ini aku dapatkan dari seseorang di salah satu grup Blogger Indonesia. Dan Working. Caranya seperti di bawah ini. 

  • Login dan masuk ke Menu My Ads.
Langkah 1
Langkah 2
Langkah ke 3
  • Klik My Ads dan pilih Ad Units. Tambahkan Unit Iklan Baru. Setelah itu akan ada tampilan seperti gambar (Langkah ke 3). Pilih salah satu dari ketiga gambar di atas. Kalau aku pakai yang sebelah kiri. Ketika kalian akan membuat iklan jangan lupa memberikan nama kode iklan yang ingin kalian buat. Jika bingung bisa lihat fotoku berikut ini.


Catatan :

  • Nama Iklan terserah yang kalian inginkan. Bisa nama ibu, bapak, anak dan mantan pacar. Eh, nggak termasuk deh yang ini,
  • Pilih ukuran iklan. Kemarin sih aku disarankan sama yang ngasih tau, buat yang sesimpel mungkin, seperti yang aku pilih ini. Paling kiri. Kalau nggak mau sama seperti punyaku kalian bisa pilih yang lain. Sesuka-suka kalian pokokna. 
  • Jangan lupa buat preview atau pratinjau dulu, apakah iklan kalian bagus dipandang atau tidak. 
  • Setelah selesai dan dirasa cocok, kalian bisa langsung klik nomor 3 untuk mendapatkan kodenya. Contoh kode seperti gambar di bawah ini. 


Nah, setelah kalian mendapatkan kode iklan adsense, baru deh kita pasang kode iklan ini di blog kita. Kalian bisa memasangnya di Header, Sidebar, Footer atau bisa juga kalian tempatka di dalam postingan. Untuk caranya bisa ikuti langkah berikut ini. 

Cara memasang Kode Iklan di Header, Sidebar Dan Footer Menggunakan Widget Blog

  • Masuk ke blogger.com
  • Pilih Loyaut atau Tata Letak ==> Pilih Add Gadget(Tambahkan Gadget) ==> Pilih HTML?Javascript. Lalu pastekan kode unit iklan yang sudah kalian dapat tadi.
  • Terakhir Save dan tunggu beberapa saat. Maka iklan akan tampil seperti yang sudah kalian lihat di blog Jemari Go-Blog ini.

Cara memasang Kode Iklan di Bawah Judul Postingan Blog

Jika cara di atas tidak membuat kalian puas, aku akan menambahkan cara memasang kode iklan di bawah judul postingan blog. Tapi kode iklan ini harus di parse dulu. Untuk cara memparsenya kalian bisa langsung klik tulisan di bawah ini. 
Setelah kalian Parse, maka kode unit iklan akan berubah, namun itu tak mengapa karena tidak berpengaruh sama sekali dengan kode iklan. Awalnya aku juga sempat bingung, kenapa bisa seperti itu, tapi setelah banyak membaca di beberapa postingan kawan-kawan blogger ternyata hal tersebut hanya untuk menkonversi dalam bahasa pemograman. Ya, sama halnya kayak ketika kita copas kode lalu, kita ingin membuatnya terlihat rapi saat ditampilkan. 

Nah, sebelum kalian mencopas hasil Pase Kode perhatikan langkah berikut ini untuk penempatan kode iklannya :

  • Login ke blooger.com
  • Masuk ke dashboard blogger > Template > Edit HTML
  • Tekan CTRL + F, cari kode <data:post.body/> .  Biasanya akan terdapat 2 sampai 3 kode yang sama. Pilih saja salah satu, jika sewaktu di preview nggak muncul berarti bisa ditempatkan di bagian ketiga <data:post.body/> tersebut.
  • Setelah itu pastekan kode di bawah ini tepat di atas <data:post.body/>

 <div style=’float:left;padding-right:10px;’>
Kode iklan yang sudah diparse</div> 

Catatan :

  • Kalian bisa mengganti tulisan berwarna kuning dengan penempatan kode iklan right (kanan) ataupun center (tengah). 
  • Tulisan berwarna hijau ganti dengan kode yang telah di parse sebelumnya. 
  • Preview dulu untuk melihat hasilnya. Jika dirasa puas bisa langsung Save dan Kalian bisa lihat langsung di blog tampilannya.

Cara memasang Kode Iklan di Bawah Postingan Blog

Cara ini hampir sama dengan cara yang aku tulis di atas. Cuka Script Kodenya saja yang berbeda. Untuk langkah-langkahnya juga sama dengan cara di atas. Lalu kalian bisa mengcopas kode berikut ini dan letakkan di atas kode <data:post.body/> 


  <div style="float:left; margin-right:15px;margin-bottom:15px">
Kode iklan yang sudah diparse</div> 


Cara memasang Kode Iklan di Tengah Postingan Blog

Cara terakhir ini yang paling banyak digunakan blogger lain. Di tampilan (ponsel) blogku, juga ada tampilan iklan di tengah untuk tampilan post.  Mungkin gegara pakai default pas milih jadi langsung secara otomatis tampil gitu. Buat Iklan kalian yang belum tampil di tengah postingan. Cara ini sedikit berbeda dengan cara di atas. Karena kalian harus mengganti tag <data:post.body/> dengan kode di bawah ini yang berhubungan dengan   <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> . Biasanya, letaknya hampir sejajar gitu. 

Di setiap tamplate pasti akan berbeda-beda sih tampilannya <data:post.body/>  Jadi kalian harus mencobanya satu-persatu. Kalau template yang aku gunain ini asli dari blog cuma modif dikit aja. 

Setelah ketemu kode yang aku sebutkan di atas, silahkan ganti kode <data:post.body/> dengan script kode di bawah ini

<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
Kode iklan adsense yang sudah diparse</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

Catatan :

  • Tulisan berwarna hijau ganti dengan kode yang telah di parse sebelumnya. 
  • Kalian bisa mengganti tulisan yang berwarna merah untuk pempatan kode misalnya right (penempatan iklan kanan) ataupun center (di tengah). 
  • Kalian juga bisa mengganti tulisan berwarna kuning dengan angka 3 ( untuk meletakan iklan di sepertiga artikel postingan) Atau angka 4 untuk meletakan iklan di seperempat artikel postingan
  • Preview dulu untuk melihat hasilnya. Jika dirasa puas bisa langsung Save dan Kalian bisa lihat langsung di blog tampilannya.
Sudah bisa dipahami, bukan? Jika ada pertanyaan bisa kalian komen di bawah ini atau bisa langsung kirim masukan ke Contact Us saja. InsyaAllah dibantu sampai bener-bener bisa. Kalau kode script yang aku bagi nggak working, kalian juga bisa komen. Nanti aku cari tahu letak kesalahannya. Soalnya pas dicoba working sih, hehehe.

Tapi menurut yang aku pelajari setelah nempatin kode-kode lewat parse sih, lebih enakan pake cara default. Soalnya, biasanya tampilan blog jadi kurang rapi. Itu menurut pendapatku sih. Ya, ada baiknya kalian coba saja dulu. Kalau pas, bisa kalian gunain. Semisal nggak pas pun, cara default emang sebaiknya kita gunakan cara yang itu saja. 

Jangan lupa add akun G+ aku, biar kita bisa saling follback. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat 

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Q