Monday, March 5, 2018

Cara Mengubah MS Word Menjadi PDF

Cara Mengubah MS Word Menjadi PDF - Blogger Mania, pagi ini aku mau membagikan Tips gimana sih caranya biar kita bisa mengubah MS Word mejadi format PDF. Sebenarnya, sangat mudah sekali jika kalian menggunakan Microsoft Office 2010 ke atas. Karena fitur MS. Office tersebut sudah banyak penambahan dan jika kalian punya MS. Office 2010, kalian tidak perlu pusing-pusing lagi untuk mengconvertnya.

Namun, bagimana jika kita masih menggunakan MS. 2007 dan 2003?

Tenang, di blog ini, aku bakalan memberikan kalian Tips dan Trik gimana sih cara mengubah MS Word menjadi PDF? Dijamin work karena aku sendiri telah mencobanya. enang, aku akan memberi solusi bagi kalian yang nggak tau cara mencobeberapa waktu lalu aku sudah mempraktekannya tanpa menggunakan software alias pake web online gitu. Untuk pengguna Ms. Office 2010 ke atas, sebenarnya kalian tidak perlu bingung. Kaena fitur-fitur yang ada sudah lengkap di sana. Tapi untuk MS. Office 2003 dan 2007 rasanya, cara ini sudah sangat efektif kalian gunakan.

Nah, daripada bingung, begini caranya membuat Dokumen Ms. Word menjadi PDF baik secara online maupun Offline.



1. Convert Secara Online 

Beberapa situs online sudah menyediakan layanan untuk mengubah file doct. menjadi PDF seperti yang sudah aku lakukan beberapa waktu lalu. Kalian bisa lihat hasilnya di sini. Aku menggunakan smallpdf sebagai alat bantunya. Untuk caranya kalian bisa lihat di bawah ini:


  1. Lansung saja kalian klik SMALLPDF Klik saja link tersebut. 
  2. Lalu, upload file yang ingin kalian rubah. Caranya, pilih file yang kalian ingin rubah masukan pada Drop Word File Here seperti di foto. Maka secara otomatis proses penguploadan akan berjalan. Silahkan tunggu beberapa saat.
  3. Setelah selesai kalian bisa langsung download hasilnya. Klik "Download File" dan file PDF bisa kalian dapatkan sekarang. Kalian juga bisa mengeditnya dulu sesuai yang ada di gambar nomor 2.
  4. Cara ini bisa kalian gunakan untuk Ms. Office 2003 - 2007 yang notabene belum ada file PDFnya.



2. Menggunakan MS Word 2010 - 2016

Cara di bawah ini terbilang simpel sekali. Karena di MS. Word 2010 - 2016, sudah terdapat convert file ke PDF secara otomatis. Jadi kalian nggak perlu pusing-pusing lagi. Caranya bisa kalian baca di bawah ini :


  1. Klik File Doct yang ingin dirubah ke format PDF 
  2. Setelah terbuka klik SAVE AS. Jika di bagian menu sudah ada format penyimpanan  PDF or XPS, kalian bisa langsung klik saja. Atau jika tidak ada bisa langsung klik Save AS. nanti akan terbuka jendela baru dan di bawah menu Save As Type / penyimpanan kalian bisa pilih format PDF. Jika tidak paham kalian bisa lihat foto 1 dan 2 di bawah ini.





3.  Memakai Software LibreOffice

Jika kedua cara di atas tidak bisa kalian lakukan, langkah ketiga yang aku sarankan yakni memakai softwarre LibreOffice. LibreOffice adalah software alternatif pengganti MS Office yang bisa digunakan secara gratis. Jika kalian belum punya silahkan download terlebih dahulu di LibreOffice Klik saja link itu, nanti kalian akan di bawa ke websitenya untuk mendownload softwarenya. Jika sudah selesai di instal langkah selanjutnya bisa kalian baca di bawah ini :

  1. Buka  aplikasi LlibreOffice yang telah kalian download sebelumnya
  2. Klik Open lalu cari file MS. Word yang ingin kalian rubah ke format PDF.
  3. Setelah file terbuka, klik icon Export seperti gambar dibawah ini.
  4. Setalah itu save.


Nah, cukup mudah sekali bukan? jika cara-cara tersebut masih tidak bisa kalian lakukan, kalian bisa kirim ke emailku format tulisannya. nanti aku bakalan bantu dari sini. Tapi, aku yakin dari ketiga cara di atas pasti bisa kalian lakukan.

Cukup di sini dulu untuk tutorial kali ini. Lain kali, aku bakalan buat tutorial lain yang berhubungan dengan komputer dan sejenisnya. Jangan lupa buat add G+  atau Follow blog ini.  Sekian dulu ya, salam GO-BLOG.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Cara Cepat Buat Barner Promosi Di Adobe Photoshop CC 2019

Jasa pembuatan barner, memang banyak sekali dicari akhir-akhir ini. Resep ini aku dapat dari buku Photoshop CC the missing manual karya Les...