Wednesday, March 7, 2018

Transfer Uang Lewat Bank BCA Ke Rekening Lain

Pengalaman transfer uang lewat Eklik Bank BCA ke Rekening lain sungguh nggak ngenakinn banget. Hari ini, aku mencoba untuk transaksi via eKlik BCA ke rekening lain dan ternyata kata si empunya rekening, uang belum bisa diambil. Padahal, di transaksi eklik BCA sudah dinyatakan berhasil dan saldo dalam rekeningku sudah terpotong secara otomatis. AUOOOO... mendadak Shock tingkat dewa.

Akhirnya, aku langsung melaporkan hal ini di HALO BCA CHAT (klik saja nanti bisa langsung menuju web BCA) dan menanyakan perihal kasus yang kualami barusan. Soalnya ya rada bingung, biasanya jika transaksi sesama bank BCA bisa langsung masuk uangnya. Dan selama 1 bulan ini nggak ada komplain yang berarti.

Setelah bertanya ke customer servisnya, ternyata transaksi ke rekening lain via Eklik BCA  bisa masuk ke rekening penerima di hari yang sama tapi tidak bisa dipastikan jam berapa akan masuk ke rekening penerima tersebut. Horor banget kalau gini caranya. Apalagi, pihak bank BCA tidak bisa memastikan jam berapa uang bisa masuk. Cuma dalam chat tersebut bilang 1 hari di hari yang sama. Heuheu... pengen ngemut keypad kalau gini caranya.

Emang sih ongkir transaksi lewat Eklik BCA sedikit lebih murah. Cuma Rp. 5000 tapi untuk tingkat kecepatannya dari bank-bank lain, BCA sangat lemot sekali. Mungkin, karena transaksinya ke rekening bank lain dan memakai sistem LLG.



Kenapa bisa demikian?

Karena Bank BCA menggunakan sistem LLG atau Lalu Lintas Giro dimana proses transfer uang dari rekening BCA ke bank lain yang berbeda dengan menggunakan metode Kliring. Metode Kliring atau Proses Clearing sendiri dilakukan oleh pihak Bank untuk memeriksa apakah saldo di rekening kita mencukupi atau tidak untuk bertransaksi dan dalam proses kliring tersebut hanya bisa dilakukan pada jam kerja efektif. Jadi nggak bisa disalahkan juga kalau hal ini membuat transaksi kita lebih lama. Ya, setidaknya aku (yang baru buka rekening BCA) bisa waspada untuk kedepannya. Emang sih murah, tapi kalau lama dan si empunya rekening butuh duit mendesak, apa kita nggak rugi?

Ini adalah transaksi dari jam 9:46. Transaksi dinyatakan berhasil menurut EKlik BCA. Happy dong aku tentunya. Bukti transferan langsung aku kirim ke si Empunya Rekening. Lalu apa yang terjadi beberapa jam kemudian. Aku ditelpon dan di Wa kalau uangnya belum masuk. Lihat percakapan kedua.



 Ini percakapan sama yang punya rekening. Uang belum masuk padahal status berhasil. Dan yang lebih horornya lagi. Sempat di cek dua kali pada waktu yang sama tapi kenyataannya tetap juga belum masuk. Arrrrggggg.....





Di situs lain, aku juga menemukan fakta hal yang sama seperti yang sedang kualami sekarang. Kata yang pernah mengalami hal seperti aku tadi, bahkan uang yang mereka kirim bisa 2-3 hari sampai ke rekening penerima jika sewaktu kita transfer melebihi jam 15:30 waktu Indonesia. Karena Eklik BCA  untuk ke rekening bank lain hanya bisa dilakukan saat jam efektif  yakni pada saat jam kerja hari berikutnya. Jadi semisal, kita kirim pada hari Jumat jam 5 sore maka waktu efektif yang bisa dilakukan transaksi adalah pada hari senin depannya.  Karena otomatis sabtu dan minggu libur. Apalagi kalau hari lebaran dan hari libur lainnya. Sangat nggak disarankan untuk melakukan transaksi via Eklik BCA jika kalian ingin transfer ke lain bank.

Jadi sesuai yang kutulis di atas, jika kalian ingin melakukan transaksi, lebih baik menggunakan bank lain. Atau kalau memang cuma punya 1 bank saja, lebih baik dikasih tau terlebih dulu pihak kedua (selaku penerima uang) bahwa bank BCA menerapkan hal sedemikian ini. Ya, biar kita dikira nggak nipu gitu.

Kasus seperti ini juga bisa terjadi ketika kita bertransaksi lewat ATM. Kalian bisa lihat status Facebooknya mas Gunawan Tri Atmojo ini, (Klik saja nanti langsung masuk ke Kolom foto) bahwa sememangnya ada salah satu pembeli yang mentransfer uang dan baru masuk ke esokan harinya. Bisa banget diambil pelajaran bukan? Yah, daripada kita nanti disangka penipu atau semacamnya, lebih baik diberi pengertian kepada sang penerima.

Kalaupun toh mereka nggak percaya juga. Kalian bisa kirim foto gambar percakapan saya dengan salah satu CS Bank BCA di bawah ini. Di zoom aja fotonya jika kurang jelas.




Dari sekian kelebihan dan kekurangan yang aku dapat dari BCA ya memang banyak kekurangannya sih. Tapi, untuk kecepatan membalas keluhan nasabah, aku akui BCA yang paling cepat. Nggak butuh waktu lama karena CSnya siap membantu 24 jam. Tapi masalah soal tanya jawab ya. Nggak untuk memperbaiki jika ada keluhan lain.

Semoga info ini bermanfaat buat yang baru menggunakan Bank BCA. Karena, dari sekian bank yang aku sendiri jadi nasabahnya, ya hanya bank bca ini saja yang sedikit membuatku ngelus dada. Wkwkkw kudu sabar istilah e. Heu heu...

Jika dirasa bermanfaat silahkan share dan jangan lupa tinggalkan jejak.

Update terbaru, uang masuk sekitar jam 5 sore. huuuuuu... pengen meluk guling plus membik-membik.




No comments:

Post a Comment

Featured Post

Q