Tuesday, January 2, 2018

Cara Ampuh Atasi Eksim Pada Kulit

Cara Ampuh Atasi Eksim Pada Kulit

Hampir satu tahun ini, penyakit eksim di kulit nenek berangsur pulih. Aku nggak ingat kapan secara pasti penyakit ini timbul. Tahu-tahu sudah menyebar keseluruh bagian kulitnya. Mulanya hanya sedikit di samping paha, tapi lama kelamaan melebar dan menyebar hingga merata di kedua paha. Menurut prediksiku sih, ini gegara nenek pakai pampers. Soalnya, sebelum memakai pampers, kulitnya nggak menunjukan tanda gatal-gatal ataupun bercak merah.



Sudah mencoba beberapa pampers yang layak dan higienis namun tetap saja, nihil. Pas nanya google, katanya penyakit kulit eksim seperti ini, memang susah ditebak kapan datang dan perginya. Jadi, untuk pencegahan biar nggak terlalu parah ya harus cepat ditangani sedini mungkin. Punya nenekku sudah agak terlambat, tapi nggak apalah lebih baik terlambat daripada nggak diobatin.

AWAL MULA KULIT EKSIM

Gejala awal yang timbul pada nenek mulanya hanya berbentuk bulatan seperti di foto. Namun, kecil sekali. Nenek sangat sulit diatur dan dikasih tahu kalau jangan menggaruk kulit jika gatal. Tapi beliau bandel. Ya, dimaklumi saja karena nenekku menderita penyakit demensia alias kepikunan akut. Ngeri sekali jika melihat dia menggaruk. Seperti tak pernah puas, menggaruknya. Mungkin, karena eksim kering jadinya rasa gatalnya lebih parah kali ya.

Waktu itu, kedua paha yang diserang eksim sangat parah. Lalu, ada salah satu pekerja migran indonesia yang bertanya di grup BMI Hongkong, gimana sih caranya mengatasi eksim seperti yang terjadi pada momongannya. Lalu, keluarlah jawaban dari beberapa PMI hongkong berikut dengan foto-foto salepnya. Walhasil, aku menemukan salep 3M ini.

Kalau di Hongkong, harganya berkisar $90 atau setara Rp.150.000. Isinya sedikit sekali, walau kemasannya segede gaban gini. Efek yang ditimbulkan, selain rasa panas, salep ini juga membuat radang merah di kulit berangsur pulih. Awal pemakaian, kulit sedikit mengelupas. Tapi nggak parah, mungkin, efek kebersihan saja.

Cara Penjegahan Sekaligus Perawatan Kulit Eksim
        1.Potong Kuku (Jangan Membiarkan Kuku Panjang
Perlu kalian ketahui, merawat penyakit kulit eksim biar nggak menjalar ke bagian lain itu sangat diperlukan. Aku sendiri, begitu protect sama nenek sekarang. tidak membiarkan kukunya panjang sesntipun dari batas jemari. Ini sangat diperlukan, ketika rasa gatal nggak bisa ditahan dan kita menggaruknya, biar nggak terinfeksi sama bakteri yang dibawa sama kuku kita. Aku biasanya memotong kuku nenek, 2-3 hari sekali.
      2. Cuci Handuk Setelah Dipakai
Penting banget buat mencuci handuk setelah memakai buat ngelap badan. Sejak aku tahu, bahwa penyakit kulit eksim ini bisa menular ke bagian lain pada kulit. Setelah mandi, biasanya handuk langsung aku cuci kembali. Ini sangat diperlukan karena tidak baik membiarkan kain bekas mengelap badan yang terkena eksim. Ya, selain takut menular ke orang lain. Setidaknya, area rumah harus selalu steril.
      3. Pakai Sarung Tangan
Memakai sarung tangan sangat penting sekali jika ingin bersentuhan langsung dengan penderita atau pasien yang terjangkit eksim. Selain higienis, sarung tangan bisa melindungi jemari kita ketika harus memberi salep atau obat pada area kulit eksim. Untuk penggunaan 3M sendiri, berhubung salep ini sedikit panas, aku sarankan untuk menggunakan sarung tangan. Atau jika nggak punya, setidaknya habis mengolesi dengan salep ini, segera cuci tangan. Aku pernah menggunakan tanpa menggunakan sarung tangan dan terbukti, setelah itu jemariku ikut-ikutan gatal, Hikz...

Obat / Salep Penyakit Kulit Eksim Paling Manjur.




  •  3M CAVILON (Harga Kisaran $90)

Nah, ini nih yang paling ditunggu. Obat atau salep apa yang kupakai untuk menangani Penyakit kulit eksim? Yups, aku pakai 3M Cavilon. Merk ini, di Hongkong sangat sedikit sekali yang jual. Di apotik juga nggak kesemuanya jual. Dulu di dekat sini ada, tapi berhubung sedikit langka, makanya harus pergi ke kota tetangga yang jarak tempuhnya 2 jam pp  dari tempatku. Harga sudah kutulis di awal pembukaan blog, yakni sekitar $90. Kalau di Indonesia, aku kurang tahu apa yang bagus untuk dipakai. Kalau di Hongkong, dengan cuaca yang sedikit ekstrim (sebentar panas, sebentar dingin) mending pakai 3M Cavilon ini.

  • VASELIN DEEP MOISTURE (Harga Kisaran $90 size besar)
Tidak hanya itu, aku juga menggunakan Vaselin Deep Moisture. Awalnya, aku juga nggak begitu yakin dengan vaselin merk ini. Pasalnya, nggak ada perubahan yang berarti dalam seminggu pemakaian. Tapi, setelah aku mix dengan 3M Cavilon, Eksim nenekku alhamdullilah berangsur pulih. Sekarang hanya tinggal menunggu masa eksim menjadi seperti warna kulit semula. Rasanya, emang pusing banget kalau melihat hal ini. Soalnya, juga kasihan sama nenek tiap waktu selalu garuk-garuk badan. 

Itu tadi, caraku mengatasi penyakit kulit eksim beserta obat atau salep yang kugunakan untuk membasmi jamur membandel pada kulit. Oh ya, jika dirasa mengganggu dan butuh penanganan dokter, kalian bisa langsung ke dokter daripada nunggu sampe parah. Tapi, menurutku, asal kalian bisa menjaga kebersihan badan, hal ini rasanya nggak bakalan terjadi pada kulit kalian. Biasanya, yang paling parah terkena kulit eksim ya orangtua plus bayi. Anak muda seperti kita ini, menurutku bakal jarang terkena eksim. Ya, kecuali mereka yang muda, yang nggak mau menjaga kebersihan aja. 

Jika, dirasa artikel ini bermanfaat, kalian boleh add G+ aku buat dapetin info terbaru di blog ini. Terima kasih yang masih setia baca di Jemari Go Blog. Selamat pagi dan semangat menjemput mimpi. 





































































No comments:

Post a Comment

Featured Post

3 Cara Menampilkan Angka 0 Di Microsoft Excel

zhiangzieyie.com : Awalnya aku sempat bingung, kenapa setiap kali input nomor tlp atau tanda + selalu saja tidak bisa saat menginputnya di...