Wednesday, January 31, 2018

Menunda Kehamilan Dengan KB

Menunda Kehamilan Dengan KB


Ketakutan akan kehamilan itu, biasanya banyak terjadi bagi perempuan yang belum siap menyandang gelar ibu. Hal ini juga sering menjadi momok tersendiri bagi Pekerja Migran Indonesia  (PMI) yang pulang untuk cuti beberapa waktu di kampung halaman. Majikan pun kadang was-was ketika mendapati pekerjanya pulang kampung. Dan banyak di antara majikan mereka menyarankan atau bahkan mewajibkan para PMI untuk menjalani KB - entah itu menggunakan pil atau suntik - sebelum pulang ke tanah air.

Namun, resiko yang diakibatkan pasca melakukan kedua hal tersebut biasanya bakal berdampak pada tubuh kita. Semalam, setelah aku menulis Cara Memilih Alat Kontrasepsi Yang Aman, sedikit banyak, aku jadi paham dari sisi baik dan buruknya berbagai alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda kehamilan ini. Dan dari beberapa pilihan itu, mamah-mamah ketjeh yang kemarin sempat komen dan juga inbox di Facebookku menyarankan untuk menggunakan IUD atau yang biasa dikenal dengan KB Spiral. 



Baca Juga : Cara Memilih Alat Kontrasepsi Yang Aman


Di Hongkong sendiri, untuk Pil KB juga bisa didapat di apotik. Harganya pun beragam serta bisa digunakan untuk masa 1 atau 3 bulanan. Selain itu, ada beberapa tempat yang menyediakan (Suntik KB)  bagi Pekerja Migran sebelum pulang ke kampung halamannya. Menurut saran dari beberapa sumber yang pernah suntik KB di hongkong, kedua alamat ini bisa dijadikan referensi untuk kalian kunjungi.

DR. Chan Kai Ming

Kind Medical Centre (North Point)
G/F, 134 Electric Road, Tin Hau, Hong Kong
North Point Doctors list
Tin Hau Exit A2 (Jalan Maju, Lurus Sampai Ada Orang Jualan Daging Babi)

Phone  2570 0012


OPENING HOUR

Senin   - Jumat     9:00 am - 1:30 pm             3:30 pm - 8:00 pm
Sabtu                    9:00 am - 1:00 pm             3:00 pm - 6:00 pm
Minggu               10:00 am - 1:00 pm
Public Holiday    10:00 am - 1:00 pm

Jadi untuk yang mau kesini tiap hari buka ya. Tapi harus tetep disimak waktunya.


Dr. Lo Siu Ming

Lo Siu Ming Clinic
Address Shop H, G/F, Yalford Building, 44 Tanner Road, North Point, Hong Kong
North Point Doctors list
North Point Exit B3

Phone   2856 0888

OPENING HOUR

Senin - Jumat                  9:00 am - 1:00 pm                3:30 pm - 8:00 pm
Sabtu                               9:00 am - 2:00 pm
Minggu                           9:00 am - 1:00 pm


Efek samping dari masing-masing orang berbeda. Tentunya, kalian harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya. Dari beberapa keluhan yang masuk, hal terparah yang biasanya terjadi semasa menjalani program KB ini adalah kenaikan berat badan yang signifikan. Rasa mual, pusing dan kadang payudara terasa seperti sakit. Nyeri saat Haid dan masih banyak yang lainnya (walau hal ini hanya terjadi pada sebagian orang saja) namun ada baiknya, para perempuan wajib tahu akan hal ini.

Ada saran juga dari seseorang yang pernah inbox aku, tentang komitmen antar pasangan dengan cara mempraktekan cara KB Senggama Terputus. Kalian bisa baca di tulisan blogku yang kemarin baru aku upload. Semua catatan tentang ber-KB aku catatat di sana.

Tulisan ini, aku khususkan hanya untuk para pasangan yang sudah sah dan para mamah-mamah ketjeh yang sememangnya terkadang enggan dan masih menganggap tabu dalam hal keintiman. Semoga tulisan ini dapat membantu.

Jika ada catatan yang dirasa kurang atau ada pertanyaan lain, kalian bisa langsung kirimkan saja lewat kolom komen di bawah postingan ini. Atau bisa juga lewat  Contact US dan Inbox Facebook. Aku bakalan update jika ada informasi yang bisa membantu kalian semua.

Sumber Informasi :
Blog Kesehatan
Yuni Sze Apakabar Online
Tama Ajna 
Grup BMI Kreatif
Komentar Facebook



No comments:

Post a Comment

Featured Post

Q