Tuesday, January 23, 2018

Hak-Hak PRT Hongkong Jika Di Interminit Majikan

Hak-Hak PRT Hongkong Jika Di Interminit Majikan


Apa itu Interminit?


Mendengar kata ini, terkadang membuatku merinding. Interminit bisa diartikan juga sebagai pemutusan kontrak yang sememangnya belum sampai masa finish tiba. Istilah lain di PHK. Para Pekerja Migran dapat sewaktu-waktu keluar dari rumah majikan, tanpa bisa berbuat apa-apa. Biasanya, mereka yang terkena Interminit ini, sebagian besar karena majikan kurang friendly terhadap pekerjanya. Atau terkadang juga, para pekerjanyalah yang justeru usil (baca : berbuat yang tidak baik) terhadap keluarga majikan. Dan masih banyak hal lain yang mendasari terjadinya Interminitan ini.

Banyak sekali kasus PHK yang kudengar dan kulihat dari timeline Facebook. Beberapa di antara mereka, bahkan dikeluarkan mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kaget? itu pasti, tapi kita juga perlu tau apa hak-hak kita ketika mengalami hal semacam ini. Diharapkan tidak keluar tanpa menerima hak kita.










Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Di Interminit


  • Jangan menandatangani kertas apapun yang kalian tidak tahu artinya. Jika majikan memaksa lebih baik foto atau direkam. Hal ini untuk jaga-jaga di kemudian hari.
  • Jangan mau jika majikan mengantar ke Agen tanpa memberi hak-hak kita terlebih dulu. Jika majikan tetap keukeh mengantar kita ke Agen tanpa memberi hak kita, lebih baik minta bantuan Polisi. Call 999 untuk pusat bantuan.
  • Jangan memberikan uang interminitan ke Agen. Biasanya, majikan akan memberikan uang itu ke Agensi. Lebih baik kita tanyakan ke Majikan berapa besar uang yang diberikan ke Agensi. Soalnya, banyak kasus, uang yang sudah diberikan ke Agensi bakal sulit untuk diminta kembali. 

Hak-Hak Yang Didapat Ketika Di Interminit


  • Jika di Interminit mendadak dan kalian diwajibkan untuk keluar dari rumah majikan pada hari itu juga namun masa kerja kalian kurang dari 1 bulan (Misalnya 10 hari kerja) maka kalian berhak mendapatkan : 
                                -   Gaji selama 10 hari
                                -   Gaji selama 1 bulan sebagai pengganti Notice.
                                -   Tiket pesawat
                                -    Uang Transportasi ke bandara $100        
  • Jika  kalian bekerja lebih dari 3 bulan dan majikan memberi kalian Notice (surat pemberitahuan) akan di keluarkan pada bulan depannya, maka kalian berhak mendapatkan : 
                                -   Sisa Gaji Terakhir yang belum dibayar
                                -   Tiket pesawat
                                -   Uang Transportasi ke bandara $100    
                                -   Uang Cuti Tahunan, misal kerja 1 tahun maka kalian mendapatkan Uang cuti tahunan sebesar 7 hari kerja.
  • Jika kalian bekerja di rumah majikan selama 6 tahun lebih atau minimal 5 tahun pada majikan yang sama, lalu majikan memutuskan kontrak dan tidak mau memperkerjakan kalian lagi pada hari itu juga, maka kalian berhak mendapatkan :

                                -   Sisa gaji yang belum dibayarkan, seperti contoh pertama.
                                -   Gaji selama 1 bulan sebagai pengganti Notice.
                                -    Uang Cuti Tahunan yang belum diambil. 
                                -   Tiket pesawat
                                -    Uang Transportasi ke bandara $100    
                                -    Uang long Service sebesar 2/3 x gaji standart saat ini ($4410) x 5 (ini jumlah minimal kalian berada di majikan yang sama) 

Besaran uang long service dan cuti tahunan masing-masing orang berbeda. Tinggal kalian hitung saja sesuai yang aku maksudkan di atas.

  • Lalu bagaimana jika kita kerja di majikan yang sama, selama lebih dari 5 tahun, namun tidak mau kerja kembali di rumah majikan? Apakah masih dapat Uang Long Service?

Menurut beberapa sumber, jika terjadi sedemikian itu, maka kita tidak berhak mendapatkan uang long service tersebut. Tapi, jika sebelumnya sudah ada perjanjian antara kalian dengan majikan, sebaiknya ditanyakan dulu.

Nah, bagi kalian yang sedang atau mengalami masalah dengan majikan, agensi, paspor, kontrak kerja, visa, cara memutuskan kontrak dan hak-hak lain yang belum bisa aku sebutkan di atas, berikut ini aku kasih nomor kontak tim konselor dari IMWU (Indonesian Migrant Workers Union). InsyaAllah mereka bakalan membantu kalian untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Atau kalian bisa juga datang langsung ke taman rumput Victoria Park yang ada di CauseWaybay.

Berikut ini nama dan nomer telpon konselor IMWU yang bisa kalian hubungi:

♥️Ranting Bunderan:
Mbak Pur : 9015 9225
Mbak Tuni : 51385369
Aniyah : 59226719
Susitari : 56042239
Sahlant : 55135366

♥️Ranting Lapangan rumput
Mbak Sonia :5600 1526
Mbak suji :5604 0851
vero :9449 8122
Rotul :97193106
Arya : 64631386

♥️Ranting Pidjar
Wahyu : 9339 7094
Eka. : 6744 1633
Aluh : 98642232
Fajar :94478529
Emma : 55366164

♥️Ranting Srikandi
Isah Luna : 6415 5295
Neni : 9255 2460
Upick : 6434 0828
Bu Rahma :5131 0257

Sumber : Emma Silir dan berbagai sumber lainnya.


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Q