Sunday, April 17, 2016

1001 Jalan, Sebuah Catatan Kehidupan Untuk Menakhlukkan Rasa Takut

 Setiap manusia pasti mempunyai masalah hidup yang berbeda-beda. Tak afdol rasanya, hidup tanpa masalah. Jika diibaratkan, bagai makan sayur tanpa garam  tentunya akan terasa hambar. Begitu juga dengan kehidupan ini. Jika tanpa masalah pasti terasa sepi.

Aku akan menceritakan sebuah kisah perjalanan hidup dari buku “Langkah Menjemput Sukses” yang berjudul “1001 Jalan” karya salah satu mantan  PMI (Pekerja Migran Indonesia) Hongkong. Sebuah kisah nyata seorang perempuan yang berhasil menakhlukan rasa takut akibat trauma yang dialaminya sejak kecil.

Sedari dini, ia sudah merasakan bagaimana kerasnya kehidupan. Terlahir dari keluarga broken home, membuatnya menjadi seorang pribadi yang tak mampu beradaptasi dengan lingkungan. Rasa minder dan kurang percaya diri dalam bergaul pun sempat dialaminya. Ia bahkan sempat mengalami krisis kepercayaan. Perempuan yang masih belia itu terpaksa pula dinikahkan dengan seorang duda.

Pernahkah kalian merasa  dipaksa mencintai orang yang tak kalian cintai?

Tentu sesuatu yang dipaksakan tak akan berjalan sesuai dengan keinginan. Sama halnya dengan cinta, pabila terlalu dipaksakan akan terus membuat batin kita tersiksa. Mungkin, orang tua ingin melihat anaknya hidup bahagia dengan pilihannya. Tapi pada dasarnya, apa yang akan terjadi esok hari, kita tidak pernah tahu. Bahagiakah atau justeru sebaliknya.

Apa kalian pernah mendengar sebuah peribahasa, buah jatuh tak jauh dari pohonnya? 

Dari beberapa kasus yang aku temui, 45% anak yang terlahir dari keluarga broken home suatu ketika akan  mengalami hal serupa. Entah itu terjadi pada anaknya, cucu atau bahkan akan terjadi pada cicitnya. Lingkaran ini pula yang menjadi momok tersendiri dalam kehidupan ini. Tanpa mempertimbangkan lebih jauh, sebuah perceraian selalu membawa dampak yang signifikan bagi psikologis anak. Tak dapat dielakkan memang tapi begitulah nyatanya. Anak selalu menjadi korban.Dan sifat inilah yang nantinya akan membawa perubahan tersendiri dalam pemikiran mereka, dewasa nanti.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa ketakutan itu sendiri?

“Apa yang dibutuhkan seorang manusia untuk terus mampu mempertahankan semangat menjalani kehidupan, menuju jalan terang kemenangan? Menuju apa yang ia cita-citakan? Adalah KEYAKINAN!”

Begitulah kata Laras (penulis buku Langkah Menjemput Sukses dengan Judul 1001 Jalan). Untuk mengatasi ketakutan itu, kita harus ‘yakin’ bahwasanya setiap masalah yang Tuhan ciptakan pasti ada penyelesaianya. Ketakutan itu sebenarnya kita sendirilah yang menciptakan. Dan kita sendiri pula yang harus melawannya. 

Dengan cara apa


           Jelajahlah dunia


            Laras muda menceritakan bahwa di luar sana, banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kita pelajari tanpa harus duduk, diam di sekolah. Karena pada dasarnya, sekolah dari alamlah, sekolah yang sebenar-benarnya. Yang memberikan sensasi luar biasa dari sebuah tantangan yang tak pernah ditemukan dari orang-orang yang berdiam diri menunggu keajaiban datang. Laras memberanikan diri untuk menjelajah dunia. Ia berhasil bangkit dari keterpurukan dan berhasil melawan ketakutannya. Dan bahkan ia menunjukkan pada dunia ia mampu mengatasi semua masalah yang bertubi-tubi menimpa dirinya.


          Kini, perlahan ia terlah sukses di tanah air. Ia berhasil membuka bengkel kecil-kecilan di kota Blitar. Selain menjadi seorang pebisnis, ia juga mahir menulis. Beberapa karyanya pernah dimuat di media cetak berbahasa Indonesia di Hongkong. Tak hanya itu saja, ia juga salah satu pemain teater yang sangat berbakat. Kalian bisa mencari videonya di Youtobe yang di unggah oleh Komunitas Teater Matahari HK.

“Manusia diciptakan untuk menaklukkan tantangan. Apakah kita akan kalah sebagai pecundang atau menjadi pemenang? adalah tergantung dari apa yang kita perbuat dan lakukan.”

            Yakinlah bahwa kita mampu mengatasi rasa ketakutan itu.


           Penasaran dengan kisah-kisah lainnya? Semua bisa kalian baca di buku  "Langkah Menjemput Sukses" yang bisa kalian pesan di bapak Johanes Ariffin selaku penggagas buku ini. Atau yang pengen ketemu orangnya langsung, bisa datang di acara Workshop Kepenulisan dengan beliau sebagai bintang tamunya yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 Mei 2016 di Gedung Galery BNI Admiralty.

           Sukses selalu buat pembaca setia blog ini. Semoga bisa ngereview kisah lain yang dapat menginspirasi kalian semua.


Bapak Yohanes Ariffin (Baju Biru) Dan Laras Wati Baju hitam pemegang microfon) saat acara Laucing buku "Langkah Menjemput Sukses". Sumber Koran Kindo Hk.

Buku Langkah Menjemput Sukses. Sumber Koran Kindo HK














8 comments:

  1. sukses ya ...semoga bermanfaat ..dan semangat terus

    ReplyDelete
  2. makasih dah berkenan baca coretanku ^_^

    ReplyDelete
  3. Sukses selalu untuk blognya bu Zhiang Zie Yie #salamantusias

    ReplyDelete
  4. Terima kasih Pak Yohanes sudah menyempatkan membaca tulisannya.

    #Salamantusias

    ReplyDelete
  5. Tulisan yang menarik. Laras pernah menginap di rumahku, tapi aku tidak tahu dia punya buku😂😂

    ReplyDelete

Featured Post

Cara Cepat Buat Barner Promosi Di Adobe Photoshop CC 2019

Jasa pembuatan barner, memang banyak sekali dicari akhir-akhir ini. Resep ini aku dapat dari buku Photoshop CC the missing manual karya Les...