Saturday, November 4, 2017

Bekas Donor Darah Terasa Gatal Seperti Terkena Cacar Air

          Hai Guys, untuk kelima kalinya aku donor, baru tiga kali ini merasakan gatal yang teramat. Gatal yang pertama sih, aku nggak terlalu ingat rasanya gimana, soalnya cuma sebentar sih. Yang kedua dan yang ketiga ini, MasyaAllah banget. Sampai bikin aku nggak bisa tidur.

         

Hari Kedua Setelah Donor Darah
          Hari pertama pasca donor, aku mulai merasakan gatal di area bekas jarum. Foto di atas aku ambil pas hari kedua. Kulitku mulai menampakan bintik-bintk kecil, berair. Gatalnya,  hiuh bikin kita pengen ngremus mantan. Eh. 

         Iya, gatalnya itu loh nggak nahan banget. Semakin digarus, diusap atau disentuh, bintik kecil itu semakin menjalar. Kemarin, tanggal 19 Oktober sengaja mencoba tangan kiri untuk area donornya. Sebab, selama ini sudah sering pakai tangan kanan. Kupikir, rasa gatal itu bakalan berpindah. Ternyata, tidak sama sekali.

         Menurut artikel yang kubaca, ini dinamakan hematom pada kulit. Hematom adalah terkumpulnya darah pada jaringan dibawah kulit, akibat robeknya pembuluh darah saat jarum menusuk pembuluh darah. Biasanya ini tidak memerlukan penanganan apapun dan akan hilang dengan sendirinya selama beberapa hari. Namun jika kemerahan tidak menghilang atau justru malah membesar, ini yang perlu diwaspadai. Mungkin akibat dari suatu gangguan pembekuan darah.

         Katanya sih emang nggak butuh penanganan yang serius. Tapi coba deh kalau kita nggak nanganin rasa gatal ini dengan serius, akibatnya bisa kayak tanganku yang pas waktu donor darah keempat kemarin. Bisa sampai satu bulan lebih, untuk menyembuhkan lukanya. Kesalahannya sih emang ada di aku. Waktu itu aku nggak begitu sadar kalau gatal ini bakalan menjalar ketika digaruk atau bahkan cuma diusap-usap aja.


Hari  Keempat
Seminggu Pasca Donor


            Kulitku memang sedikit sensitif sih. Parah deh sensitifnya. Gampang memerah ketika kena matahari. Foto di atas ini, pas seminggu pertama ngerasain gatalnya. Nggak tau gimana bisa separah itu lagi. Rasanya pengen garuk deh. Gemes kalau inget hal ini.



Hari Kedua Belas
          Hari kedua belas pasca donor, kulit berangsur mengering. Tapi masih berasa gatalnya. Mau keluar rumah rasanya malu banget. Takut dikira gudikan. wkwkkw. Maklum, bekasnya kelihatan sekali. Plus takut nular ke yang lain. Nggak mau kan dikira menyebarkan penyakit. Alhamdullilah, pasca dua minggu, kulit berangsur membaik. Sudah kering, plus tinggal menanti paska pemulihan saja.
Hari Ketiga belas

   
Dua Minggu Pasca Donor


      Lalu apa aja sih yang aku lakukan biar cepat mengering? 

  1.  Aku menggunakan bedak herosin dan tea trea oil
  2.  Air panas untuk mengurangi rasa gatal
  3.  Es batu untuk membuatnya cepat kempes
  4. Jangan pernah menggaruk atau mengusap tangan selama gatal. Lebih baik langsung dikasih salep atau bedak.
  5. Usahakan untuk selalu mencuci tangan agar ketika menyentuh kulit yang gatal tidak menempelkan kuman.
Tea Tree & Herocyn

     Setelah dua minggu atau tepatnya satu bulan, bisa dipastikan kulit akan kembali beregenerasi. Yang waktu donor keempat dan parah banget itu, gegara salah penanganan jadinya satu bulan lebih baru bisa putih lagi. Untuk sementara belum bisa dipastikan sih, obat yang ampuh biar nggak gatal-gatal gini. Yang pasti hanya diperlukan perawatannya aja. 

      Nggak perlu takut buat donor darah. Karena hanya dengan begini, setidaknya kita bisa berbagi. 

1 comment:

  1. Ini sama banget kejadiannya sama aku. Aku udah 14x donor. Kejadian kayak gini (gatal di tangan setelah donor) terjadi setiap kali petugas yg mengambil darah adalah anak2 yang masih training (bukan petugas PMInya). Saya udah 3x kayak gini. Sekarang kalo pas mau donor trus ditangani oleh anak training, langsung aja saya minta ganti.

    ReplyDelete

Featured Post

Salat Idulfitri Di Hong Kong 1440H