Saturday, November 25, 2017

Cara Merubah Index Layer Menjadi Layer Di Photoshop

Cara Merubah Index Layer Menjadi Layer Di Photoshop - Hai Blogger mania, pernah nggak kalian nemuin format foto yang ketika mau edit di PhotoShop, di bagian layernya muncul tulisan INDEX. Nah, kalian pasti juga bakalan bingung nih, kok format macam gini, nggak bisa di move atau dipindahkan ke layer lain. Atau bisa dibilang, nggak bisa di edit.

Dulu pas jaman masih SMK, aku juga sempat bingung gitu. Kok nggak bisa dirubah. Udah klik dua kali, hasilnya juga masih sama. Nggak menunjukan tanda-tanda perubahan. Ah, sekarang nggak perlu bingung gitu. Aku mau kasih satu resep buat mengubah layer Index ini biar bisa normal seperti biasanya. Sebenarnya sih, sudah lama juga pengen nulis ini, cuma baru sempat kepikiran sekarang ini saja.
Cara Merubah Index Layer Menjadi Layer Di Photoshop

Hal pertama yang perlu kalian lakukan, buka software PhotoShop. Buka foto yang kalian ingin rubah layernya. Aku pakai foto di atas, yang awal format PNG-nya ketika aku klik justeru muncul tulisan Index di Photoshop. Lalu, di bagian layer, kalian bakal nemuin tulisan Index seperti gambar di bawah ini.

Index Layer

Tenang, nggak perlu di klik-klik di bagian ini. Kalian cukup baca bismillah aja, Insyallah dalam waktu satu menit, semuanya bisa teratasi. Wkwkwkw

Hal kedua yang perlu kalian lakukan. Klik File dan arahkan kursor ke bawah, klik AUTOMATE, arahkan kursor ke kanan dan klik CONDITIONAL MODE CHANGE.

Klik AUTOMATE -  Lalu CONDITIONAL MODE CHANGE


Nah,  sampai sini, kalian bakal nemuin box Conditional Mode Change yang Cuma tercheklist satu di bagian RGB. Untuk merubah layer index jadi layer normal dan bisa di edit, checklist all Source Mode. Kayak gambar di bawah ini. 

CheckList All Source Mode


Jika sudah terchecklist, tinggal kalian OK atau langsung Enter aja. Dan lihat apa yang akan terjadi di menu Layer kalian. Yups, format Index layer kalian sudah jadi Layer 1 :D yang artinya, sekarang kalian bisa ngedit tuh fotonya.

Layer Sudah Berubah 



Gampang kan?


Jika kalian suka sama artikel ini, jangan lupa tinggalin jejak, like FansPage Blog & Desain Tutorial plus Add/ follow aku di G+ kalian ya…

Semakin banyak teman, semakin banyak rejeki katanya. Ah, ya jika ada pertanyaan seputar blog & desain, kalian bisa inbox di Facebook Zhiang Zie Yie. Untuk update terbaru, aku bakalan share di FansPage Blog & Desain Tutorial. So, jangan malas untuk terus update blogku ya.




No comments:

Post a Comment